Evaluasi kualitas layanan perpustakaan menggunakan metode LibQual+Tm di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Riau

Yuni Nur Dawilis (Universitas Lancang Kuning, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Riau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengn pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang aktif menjadi anggota perpustakaan tahun 2018 berjumlah 2.455 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Rumus yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah rumus Slovin. Hasil penelitian melalui evaluasi dengan menggunakan metode LibQual+TM menunjukan bahwa, kualitas layanan pada dimensi Affect of Service yaitu Empathy, Responsiveness, Assurance dan Reability memiliki persentase hampir seluruhnya 86,19%. Sementara pada dimensi Information Control yaitu Scope, Convenience, Ease of Navigation, Timeliness, Equipment dan Self Reliance memiliki persentase sebagian besar 62,81%. Dimensi Library of Place yaitu Tangibles, Utilitarian Space, Symbol Terms, Refuge memilki persentase hampir seluruhnya 91,40%.

 

Kata kunci: LibQual, Affect of Service, Information Control, Library as Place


Keywords


LibQual, Affect of Service, Information Control, Library as Place

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, teknik, prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Choirina, Annisa. (2018). Evaluasi Kualitas Pelayanan Dengan Menggunakan Metode Libqual+™ Di Perpustakaan Arsip Dan Dokumentasi Kota Tebing Tinggi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sumatra Barat: Medan.

Fatmawati, Endang. (2013). Mata Baru Penelitian Perpustakaan Dari ServQual ke LibQual+TM . Jakarta: Sagung Seto

Rahayuningsih, F. (2015). Mengukur Kepuasan Pemustaka: Menggunakan Metode LibQual. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wulandari, Sarah. (2017). Evaluasi Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode LibQual di Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Sumatra Barat: Medan.




DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v4i2.4583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yuni Nur Dawilis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.