Pemanfaatan layanan perpustakaan di era modern sebagai sumber informasi bagi pemustaka

Mutiara Shalehah Misbah (Universitas Negeri Padang, Indonesia)

Abstract


Artikel ini bertujuan berusaha untuk menjelaskan mengenai berbagai layanan yang ada di perpustakaan pada era modern ini, baik itu layanan yang ada pada perpustakaan konvensional maupun layanan perpustakaan digital/ elektronik yang memanfaatkan teknologi, serta melihat tingkat kepuasan pemustaka dalam memanfaatkan layanan yang ada yang dikaji menggunakan pendekatan deskiptif kualtitatif. Semua jenis layanan tersebut ditujukan agar pemustaka bisa mendapatkan segala bentuk informasi sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian, peranan perpustakaan bukan hanya sekadar sebagai tempat menyimpan dan mengumpulkan bahan pustaka dalam suatu tatatan yang terorganisir, akan tetap harus berusaha agar bahan pustaka dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pemustaka melalui pelayanan yang ada didalam  perpustakaan.


Keywords


Layanan Perpustakaan;Informasi; Pemustaka

Full Text:

PDF

References


Batubara, A. K. (2009). Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 9-17. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/33 Ibrahim, A., & Afrina, M. (2011). Pengembangan Model Perpustakaan Berbasis Teknolig Informasi Untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Perpustakaan dan mewujudkan Perpustakaan Ideal Berbasis digital. Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Aplikasinya (KNTIA2011), C87-C94. http://repository.unsri.ac.id/6933/ Kalsum, U. (2016). Referensi sebagai layanan, referensi sebagai tempat: sebuah tinjauan terhadap layanan refernsi di perpustakaan perguruan tinggi. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 10(1), 132-146. Luthfiyah, F. (2015). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 189-202. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/676 Masiani, K. 2016. “Perpustakaan Kafe: Konsep Unik Sebagai Usaha Peningkatan Minat Baca dan Interaksi Sosial”. Jurnal Pari, Vol. 2, No. 2 Nugraha, F. 2014. “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan”. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 1. https://.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/132 Prabowo, A., & Heriyanto, H. (2013). Analisis pemanfaatan buku elektronik (e-book) oleh pemustaka di perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 152-161. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/3123. Rahayu, Lisda, dkk. 2014. "Layanan Perpustakaan." http://repository.ut.ac.id/4183/2/PUST4104-TM.pdf Supriyanto, W. (2015). Pengembangan Sistem Layanan Perpustakaan Digital. Libraria Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1). https://repository.ugm.ac.id/136541/ Suwanto, S. A. (2011). Layanan perpustakaan elektronik dengan konsep Library 2.0. Jurnal FKP2T, 3(1-2, Juni-Desember), 18-27. http://eprints.undip.ac.id/33929/ Zahara, Z. 2004. "Konsep Dasar Ilmu Perpustakaan". http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/1798/perpus-zurni3.pdf?sequence=1




DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v3i2.3087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mutiara Shalehah Misbah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.