Kuasa disiplin dalam kepemimpinan di perpustakaan (studi kasus Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe)

Najmi Fuady (UIN Antasari Banjarmasin, Indonesia)

Abstract


Pendahuluan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kekuatan yang terjadi dalam kepemimpinan di perpustakaan. Penelitian ini penting karena pembongkaran aturan untuk staf perpustakaan bukan hanya praktik disiplin, tetapi sebagai bentuk kekuatan yang tercermin oleh kepala perpustakaan.

Metode Pengumpulan Data. Penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Lhoksumawe. Validitas data diuji menggunakan teknik triangulasi data.

Analisis Data. Menganalisis menggunakan teori kekuatan disiplin Michel Foucault dengan melihat lima hal, yaitu: panopticsm, pemisahan tempat, dokumentasi, standardisasi penilaian dan penghargaan.

Hasil dan Diskusi. Bentuk kekuasaan yang terjadi adalah pengawasan hierarki dan standardisasi penilaian yang dimanifestasikan dalam aturan verbal tentang waktu istirahat, papan tulis (program kerja), pemisahan jarak antara meja kerja, perbedaan bentuk tabel, kosongnya kinerja harian, standar kerja, verbal teguran dan pujian serta syukur.

Kesimpulan. Tenaga berjalan secara produktif dan lancar sehingga staf tidak menyadarinya. Dalam studi ini, saya hanya menggambarkan bagaimana kekuatan direalisasikan dan didistribusikan oleh kepala perpustakaan melalui aturan. Untuk penelitian lebih lanjut, Anda dapat mengambil dari staf "bagaimana" mereka menerima kekuatan dan mereka menjalaninya.

 

Kata kunci: Kekuatan disiplin, Bentuk kekuatan, Badan jinak, Aturan, Perpustakaan.


Keywords


Kuasa Disiplin, Peprustakaan, Kepemimpinan, Aturan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/ktb.v1i2.2031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Najmi Fuady

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is indexed by:

AL-KUTTAB: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan is published by UPT Pusat Perpustakaan UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota Padangsidimpuan 22733

ISSN (PRINTED): 2685-4856 ISSN (ONLINE): 2685-2187

Web Analytics Made Easy - StatCounter
Visitor Stats
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.