Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, informasi dan kearsipan?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Panduan Penulis Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan

Pendahuluan

Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Infomasi, dan Kearsipan adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh UPT Pusat Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan. Jurnal ini memfokuskan kajian pada bidang perpustakaan, informasi, dan kearsipan. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk melakukan diseminasi atau penyebarluasan hasil penelitian atau ide-ide/pemikiran konseptual di bidang perpustakaan, informasi, dan kearsipan. Editor Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, informasi, dan kearsipan mengundang para penulis baik dari kalangan pustakawan, dosen, mahasiswa dan pemerhati perpustakaan, informasi, dan kearsipan untuk mengirimkan naskahnya ke tim redaksi kami untuk diterbitkan di jurnal ini. Adapun contoh format penulisan artikel dapat dilihat disini. Jurnal ini terbit 2 kali setahun dimana masing-masing edisi terdiri dari 5 artikel atau 10 artikel dalam setahun.

 


Cara Menulis Judul, Nama, dan Alamat Penulis

Judul naskah harus ditulis di bagian atas halaman pertama dengan posisi di tengah. Sedangkan nama penulis dan alamat afiliasinya ditulis di posisi tengah juga di bawah judul artikel. Nama penulis tidak mencantumkan gelar akademik. Urutan nama penulis jika lebih dari 1 (satu) penulis ditulis berdasarkan peringkat tanggung jawab. Judul dan nama penulis jaraknya 2 (dua) spasi. Kemudian, jarak antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah 1 (satu) spasi. Kata kunci ditulis di bawah abstrak. Kata kunci tersebut disusun dalam urutan abjad dan dipisahkan oleh titik koma maksimal 3 (tiga) hingga 5 (lima) kata.

 

Panduan Umum Naskah Artikel

Pedoman umum naskah artikel adalah sebagai berikut:

  1. Naskah artikel adalah hasil penelitian atau kajian konseptual  otentik atau asli yang belum dipublikasikan di media publikasi lain.
  2. Naskah artikel tidak mengandung unsur plagiasi dalam bentuk apapun.
  3. Pengajuan dan proses publikasi naskah artikel tidak dipungut bayaran atau biaya apapun.
  4. Pedoman dan template penulisan artikel dapat diunduh di SINI. Template dan panduan penulisan artikel tersedia dalam format MS Word.
  5. Naskah artikel yang tidak sesuai dengan panduan penulisan AL-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan akan dikembalikan kepada penulis sebelum proses review dilakukan.
  6. Naskah harus memuat beberapa aspek seperti tertera pada Pedoman Penulisan Naskah Artikel dibawah ini.
  7. Anak judul seperti pendahuluan, tinjauan literatur, metode penulisan, hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan harus diberi nomor dalam urutan penomoran bahasa Arab. Anak judul tersebut ditulis dalam format huruf tebal dan posisi teks rata kiri tanpa garis bawah.
  8. Naskah artikel ditulis baik dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baku. Naskah artikel terdiri dari paling sedikit 12 (dua belas) halaman dan paling banyak 25 (dua puluh lima) halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah artikel  ditulis pada kertas ukuran A4 (21 cm x29,7 cm), dengan margin khusus sebagai berikut: kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, bawah 2,5 cm dan atas 3 cm.
  9. Teks artikel harus menggunakan  font Time New Roman, ukuran font 12pt.
  10. Kata-kata dari bahasa asing dituliskan dalam format miring atau Italic.  Setiap paragraf mulai dari 1 cm dari perbatasan sisi kiri.
  11. Setiap gambar harus diberi keterangan di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran angka  Arab diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel  dan diberi nomor dalam format penomoran angka Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Gambar  lampiran harus dapat dicetak dengan baik dan jelas. . Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah halaman.


Pedoman Penulisan Isi Naskah

Judul naskah

Judul harus informatif dan ditulis dengan singkat dan jelas. Judul harus sesuai dengan masalah yang akan dibahas. Kata pertama harus ditulis dalam huruf kapital. Huruf judul berukuran 12pt dengan cetak tebal dan dalam format teks tengah.

Abstrak

Abstrak naskah harus ditulis maksimum 150 (seratus lima puluh) sampai dengan 200 (dua ratus) kata dan diikuti dengan 3 (tiga) hingga 5 (lima) kata kunci. Abstrak Naskah harus ditulis dalam 2 (dua) Bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pendahuluan

Pengantar harus berisi latar belakang dan tinjauan pustaka sebagai dasar dari pertanyaan penelitian, pernyataan kebaruan artikel ilmiah, masalah penelitian, dan hipotesis. Tujuan penulisan artikel harus dinyatakan pada bagian akhir pendahuluan.

Tinjauan pustaka

Tinjauan pustaka terdiri dari penjelasan tentang studi sebelumnya yang relevan dengan penelitian. Pada bagian ini dijelaskan kelebihan dan kekurangan penelitian sebelumnya.  Kelebihan dan kekurangan tersebut menjadi alasan utama untuk memperbaiki atau mengembangkan penelitian sebelumnya. Bagian ini juga berisi landasan teori, konsep dan prinsip-prinsip yang diperlukan untuk pemecahan masalah yang terkait dengan penelitian. Semua sumber yang dikutip dalam penelitian harus ditulis dengan jelas dalam daftar pustaka.

Metode Penelitian

Pada bagian ini dijelaskan tentang metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah.

Diskusi dan Hasil

Bagian ini terdiri dari pembahasan rinci mengenai hasil penelitian. Untuk menegaskan dan menguatkan pembahasan hasil penelitian tersebut, data-data yang memadai harus dinyatakan secara jelas. Hasil penelitian harus mampu menjawab hipotesis penelitian yang dinyatakan sebelumnya pada bagian pendahuluan.

Kesimpulan

Kesimpulan adalah bagian akhir sebuah hasil penelitian yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan harus terdiri dari jawaban hipotesis, tujuan penelitian dan penemuan penelitian. Kesimpulan  harus menjadi ringkasan dari hasil penelitian seperti yang diharapkan penulis dalam tujuan penelitian atau hipotesis. Saran-saran berisi ide atau gagasan yang terkait dengan penelitian lanjutan.

Daftar Pustaka

Semua literatur yang digunakan dalam artikel harus dituliskan secara sistematis pada bagian ini. semua literatur yang digunakan harus berasal dari sumber primer – diutamakan jurnal ilmiah -  yang diterbitkan dalam 10 (sepuluh tahun) terakhir. Setiap artikel harus memiliki setidaknya 10 (sepuluh) daftar pustaka.

 

Panduan Kutipan dan Referensi

Semua kutipan yang disajikan dalam artikel yang berasal dari artikel lain harus melampirkan sumber rujukan yang jelas. Sumber rujukan tersebut harus menggunakan tools sitasi seperti Mendeley dan Zotero. Format penulisan yang digunakan oleh Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan adalah format yang diterapkan oleh Chicago Manual of Style 16th Edition.

Pedoman Review Artikel

Review artikel harus menggunakan tools sitasi seperti Mendeley dan Zotero. Format penulisan yang digunakan oleh Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan adalah format yang diterapkan oleh Chicago Manual of Style 16th Edition


Pedoman Penyerahan Naskah Artikel Secara Daring

Naskah artikel harus diserahkan melalui Sistem Pengajuan Daring (Online Submissions) di portal E-journal Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. Klik  di SINI.
Adapun tahapan yang harus dilewati terlebih dahulu adalah sebagai berikut:

  1. Penulis harus mendaftar baik sebagai penulis atau reviewer di "Register" atau klik  SINI.
  2. Setelah langkah pendaftaran selesai, masuk sebagai penulis, klik di " New Submission ". Tahap pengiriman artikel terdiri dari lima tahap, seperti: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation.
  3. Pada kolom "Start", ceklist semua ketentuan jika artikel tersebut sesuai dengan ketentuan.
  4. Pada kolom " Upload Submission ", unggah file naskah dalam format MS Word.
  5. Pada kolom " Enter Metadata ", isi semua data penulis dan afiliasi termasuk Judul Jurnal, Abstrak, dan Kata Kunci Pengindeksan.
  6. Pada kolom "Upload Supplementary Files", penulis diperbolehkan untuk mengunggah file tambahan, surat pernyataan, atau yang lainnya.
  7. Pada kolom "Confirmation", jika data yang Anda masukkan sudah benar, klik "Finish Submission ".

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

  1. Seluruh materi yang terdapat dalam situs Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting/ editorial team jurnal ini.
  2. Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan ini yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email yang tertera pada Principal Contact kami.
  3. Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0
  4. Semua Informasi yang terdapat di Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan bersifat akademik.
  5. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karena penyalahgunaan informasi dari situs ini.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.