Pentingnya Pendidkan Keislaman Pada Anak Usia Dini Di Wadas Kelir Purwokerto

Shaffaroqumuzih Shemyt Aqil Negara (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia)
Syifa Khaerunnisa (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia)
Nurrohim Nurrohim (UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa Pendidikan Keislaman pada anak usia dini di Wadas Kelir Purwokerto merupakan sesuatu yang penting. Lembaga PAUD menanamkan nilai-nilai agama yang penting untuk diberikan kepada anak sejak dini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pentingnya Pendidikan Keislaman pada anak usia dini. Mengetahui penerapan nilai-nilai keislaman, serta potensi-potensi yang diterapkan. Metode penelitian yaitu dengan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data secara triagulasi (gabungan). Hasil penelitian menunjukkan: Pendidikan Keislaman yang diajarkan yaitu praktek ibadah, wawasan dan keislaman, serta hafalan. Potensi-potensi anak usia dini yang merupakan modal dalam menanamkan nilai keislaman. Metode dan dampak penanaman nilai-nilai keislaman pada anak usia dini.


Keywords


Pentingnya Pendidikan Keislaman, Anak Usia Dini, Wadas Kelir Purwokerto

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A.(2018). “Peningkatan Nilai-nilai Agama pada Anak Usia Dini melalui Pembinaan Akhlak”. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(1).

Akmal, A.(2018). “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berwudhu pada Kelompok B3 TK Islam YLPI Marpoyan”. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1).

Amin, Kamaruddin.(2019). “Pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) RA”.(Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jendral Pendidikan Agama Islam Kementrian Agama Republik Agama Islam).

Ananda, R.(2017). "Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini". Jurnal. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19.

Basyar, Syaripudin.(2020). “Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam”. RI’AYAH, 5(1).

Dina Lestari dan Muqowim.(2020). "Pengembangan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam". Jurnal pendidikan islam anak usia dini. 2(2).

Fadilah, Nur.(2019). “Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Pada Anak Usia Dini Melalui Lagu Keislaman Pada RA DDI MAMMI Kecamatan Biruang Kabupaten Polewalimandar”. Skripsi IAIN Parepare. Parepare.

Hafidz, Nur.(2020). "Peran Layanan Bimbingan Belajar Dalam Perkembangan Anak Di Kb Wadas Kelir Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas". Skripsi IAIN Purwokerto.

Haerudin, Dodi Ahmad.(2021). “Implementasi Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini”. Jurnal Golden Age, 5(2), 147-156.

Wawancara dengan narasumber Guru PAUD Wadas Kelir (Bunda Cesilia Prawening dan Bunda Laelatul) pada Jum’at tanggal 4 Februari 2022.




DOI: https://doi.org/10.24952/gender.v6i2.5053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kajian Gender dan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter