Revitalisasi Permainan Edukatif untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Penarikan Kesimpulan

Nurazila Sari (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui maksud dari bermain, manfaat bermain, karakteristik dan bagaimana tahapan perkembangan bermain bagi anak usia dini. Teknik pengumpulan data ini dengan cara analisis deskriptif, content analisys atau analisis isi, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang dihasilkan dari penarikan kesimpulan melalui metode yang bersifat literatur dengan jenis penelitian pustaka (library research) yaitu pentingnya bermain untuk perkembangan anak. Bermain bermakna suatu kegiatan yang dapat meningkatkan serta menjadi salah satu alat untuk perkembangan aspek anak usia dini. Dengan bermain, tidakhanya senang saja yang anak dapatkan, akan tetapi anak dapat belajar dan mengenal banyak hal. Karena bermain memiliki karakter masing-masing, tergantung bagaimana anak ingin melakukannya. Bermain juga diartikan sebagai suatu kegiatan bebas, bisa dilakukan kapanpun, bagaimanapun. Melalui bermain  anak bisa menolong dirinya, menyelesaikan masalah, dan lain sebagainya. Kegiatan kongkrit dan pendekatan yang berorientasi, bermain cara yang paling efektif pada Pendidikan Anak di Usia Dini dalam proses pembelejaran.

Keywords


Bermain, Karakteristik, Manfaat

Full Text:

PDF

References


Agustriana, N. (2018). Al Fitrah Al Fitrah. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 242–250. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Anak, P., & Dini, U. (2017). Kata Kunci: pendidikan anak usia dini. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 27–36. https://doi.org/103.20.188.221/index.php/assibyan/article/view/1334

Aprilianto, A., & Mariana, W. (2018). Permainan Edukasi (Game) Sebagai Strategi Pendidikan Karakter. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 139–158. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i1.47

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). Adjie Media Nusantara.

Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I. N. S. U. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15678

Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 No.1, 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489

Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2019). Penanaman Nilai Karakter Melalui Permainan Outdoor Bagi Anak-Anak Usia Dini. Publikasi Pendidikan, 9 Nomor 1, 1–6. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.6418

Erri Wahyu Puspitarini, D. W. P. A. P. N. (2016). Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.37438/jimp.v1i1.7

Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959

Fitriana, S. (2018). Peranan Permainan Edukatif Dalam Menstimulasi Perkembangan Kognitif Anak. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 131. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1339

Hatta, M. (2017). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain di TK Besar Hore Labschool Rumah Citra Yogyakarta. UIN SUKA Yogyakarta.

Holis. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 09; N.

Khasanah, I., Djariyo, Damayani, A. T., & Mushafanah, Q. (n.d.). Pemanfaatan Lingkungan dan Barang Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) bagi Kade POS PAUD Kelurahan Tambak Rejo Semarang. 24–32.

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208.

Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125. https://doi.org/10.26630/jk.v11i1.1584

M.Fadlillah. (2016). Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 2016 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Paper Ke-2, 2, 3–8.

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional (A. Kholid (ed.); Pertama). PT Remaja Rosdakarya Offset.

Mestika, Z. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Bogor Indonesia.

Mulyasa, E. (2017). Manajemen PAUD (P. Latifah (ed.); Cet.5). PT Remaja Rosdakarya.

Paramitha, S. T., & Anggara, L. E. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 41. https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612

Priyanto, A. (n.d.). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermai. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” No. 02/Tah.

Rahmawati, A. (2015). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.2875

Rohmah, N. (n.d.). Bermain dan Pemanfaatannya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnla Tarbawi, Vo. 13.

Solfema, S., Wahid, S., & Pamungkas, A. H. (2018). Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Bahan Lingkungan dalam Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. KOLOKIUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 107–111. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v6i2.12

Suryabrata, S. (1983). Metode Penelitian. CV. Rajawali.

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Susanto, A. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (Suryani & U. Rahmawati (eds.); Cet. 2). Bumi Aksara.

Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif Dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 49. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1939

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Prenadamedia Group.

Zaini, A. (n.d.). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. Vol. 3.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127




DOI: https://doi.org/10.24952/gender.v6i2.4981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kajian Gender dan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter