PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL

Wiwik Jumiati (Mahasiswa STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia)
Fu'ad Arif Noor (STPI Bina Insan Mulia Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Karakter dikembangkan melalui tahapan: pengetahuan (knowing), pelaksanaan (acting), dan kebiasaan (habit). Terdapat beberapa tantangan yang menjadi problem utama dalam pengembangan karakter di era global. Penguatan pendidikan karakter (PPK) sebagaimana dimaksud dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat yang merupakan bagian dari gerakan nasional revolusi mental (GNRM). Desain atau metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research. Jenis penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dimana data-data yang dipakai adalah data kepustakaan yang informasinya diperoleh dari literatur-literatur yang ada seperti buku, skripsi, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan fokus pembahasan penelitian ini. Nilai utama pendidikan karakter merujuk pada Permendikbut Nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, serta penerapan dalam Pedoman Penanaman Sikap Pendidikan Anak Usia Dini 2018 sebagai berikut : Regiositas, Nasionalisme, Kemandirian, Gotong Royong, Integritas.

Abstract

Characater is developed through stages : knowledge (knowing), Implementation (acting), and habist( habit). There are several challenges that become the main problem in character development in the global era. Strengthening character education (PPK) as refered t in Presidential Regulation No. 87 of 2017 is an educational movement in schools to strengthen student’s character through harmonizing the  (ethics), taste (aesthetics), with the involvement of public, collaboration between schools, families and people who are part of the national movement of mental revolution (GNRM). The design or method used in this study uses library research methods. This type or research uses a qualitative approad where the data used are library data whose information is obtained from existing literatur such as books, skripsi, journals, and articles related to the focus of this research to the fokus of this research discuccion. To fill then global challenges, there are 5 main values of character education referring to the Regulation of Minister of Education and Culture No. 146 of 2014 concerning the 2013 curiculum for Early Childhood Education, as well as the implementation in the Guidelines for Instilling Attitudes in Early Childhood Education 2018 as follows : Regiosity, Nationalism, Independence, Mutual Cooperation, Integrity.


Keywords


Pendidikan; Karakter; Penguatan; Tantangan Global

Full Text:

PDF

References


Achmad Khoirur Rozaq,”Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Kurikulum 2012 Revisi 2017 Melalui Pembiasaan Sholat Duha Berjamaah di SMP Negeri 26 Surabaya

Achmad Khoirus Rozaq,”Penguatan Pendidikan Karakter(Ppk) Dalaa Kurikulum 2013 Revisi 2017 Melalui Pembiasaan Shalat Duha Berjamaah Di Smp Negeri 26 Surabaya,

Akhmad Muhaimin Azzel,”Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia,Ar-Ruzz Media,Jogjakarta

Ali Abdul Halim Mahmud, Akhlak Mulia, (Jakarta: GemaInsani Press, 2004)

Cahyoto, Budi Pekerti dalam Perspektif Pendidikan, (Malang: Depdiknas, 2002)

Dirjen Dikdasmen Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter

Doni Koesoema A., Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern (Jakarta: PT. Grasindo, 2007)

Endang Komara,”Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21”, SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, Volume 4(1), April 2018

Esti Ismawati, Telaah Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar

H.E.Mulyana, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta:Bumi Aksara, 2011), cet. II

Hasan Langgulung, Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21, (Jakarta: Pustaka Al-Husna,1988)

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2012.

http://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id, Pada 7 Agustus 2021 pukul 00.20 WIB

http://kbbi.web.id/didik, di akses 4 Agustus 2021

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Direktorat Pembinaan Anak Usia Dini,2019

Mamat Supriatna, Konsep dan Aplikasi Bimbingan dan Konseling. Bandung: Ju-rusan PPB UPI Bandung. 2008

Masnur Muslih. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimen-sional. Jakarta: Bumi Aksara. 2011

Muhammad Fadlillah dan Lilif Mualifatu Khorida. Op.Cit.

Muhammad Hasbi dkk,”Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini”,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorar Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini,2019

Muhammad Sulhan,”Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menghadapi Tantangan Globalisasi”,Universitas Indraprasta PGRI,Jurnal Visipena Volume 9, Nomor1 Junit 2018

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1985)

Nurul Zuhriah, Pendidikan Moral dan Budi Pekerti(Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008)

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini 15, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini

Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1997)

Ratna Megawangi, Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa, Cet. II (Jakarta: Indonesia heritage Foundation, 2007)

Santrock, J. W. 2013. Life-span Development 14th ed.New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial Sebagai Wujud Membangun Jatidiri, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006)

Slavin, Robert E. 2017. Psikologi Pendidikan, Penerjemah Marianto Samosir dengan judul buku Educational Psychology: Theory and Practice, Jakarta: Indeks

Thomas Lickona. Educating for Character, terj. Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara. 2012

UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.24952/gender.v5i2.4554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Gender dan Anak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter