Author Guidelines

AUTHOR GUIDELINES

FORUM PAEDAGOGIK: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

P-ISSN: 2086-1915 I EISSN2721-8414

 

FORUM PAEDAGOGIK adalah Jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Jurnal ini dimulai sejak tahun 2009, ketika itu masih dalam bentuk P-ISSN 2086-1915 terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember. Namun Selanjutnya jurnal ini sudah dalam bentuk E-ISSN 2721-8414, sehingga pengelolaan jurnal ini sekarang sudah OJS. Para penulis dapat mensubmit artikel ke jurnal ini dengan membaca artikel template terlebih dahulu. Jurnal ini merupakan jurnal yang membahas tentang ilmu-ilmu kependidikan, organisasi pendidikan dan kepemimpinan, dan pendidikan Islam. Redaksi mengundang para pakar dan akademisi untuk menyumbangkan naskah, baik berupa hasil penelitian, kajian mendalam, sesuai dengan kajian jurnal. Naskah yang diajukan adalah naskah asli (tidak plagiat) dan belum pernah dipublikasikan di media lain. Naskah tersebut harus terbebas dari plagiat, sehingga jurnal dapat diterima apabila sudah diperiksa pada turnitin. Adapun Alamat redaksi junal ini berada pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Kota        Padangsidimpuan Sumatera        Utara,   gmail: paedagogikftikiain@gmail.com. atau langsung saja di submit pada: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/user/register




PEDOMAN PENULISAN DAN PENGIRIMAN NASKAH

 

  1. Naskah artikel merupakan karya ilmiah orisinil penulis, bukan plagiat atau autoplagiat.
  2. Naskah artikel merupakan hasil penelitian atau kajian ilmiah dalam  bidang ilmu-ilmu kependidikan, organisasi pendidikan dan kepemimpinan, dan pendidikan Islam.
  3. Naskah artikel dapat berbahasa Indonesia, Inggris, atau Arab.
  4. Naskah artikel harus menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan konsisten mengikuti aturan penulisan karya ilmiah yang ditetapkan dengan menggunakan catatan kaki (footnote) dan daftar pustaka (Lihat pada Lampiran.1

 Sistematika naskah artikel sebagai berikut:

  1. Judul; Harus dimuat secara lugas.
  2. Nama Penulis (tanpa gelar akademik);
  3. Identitas Penulis (institusi/afiliasi/tempat tugas dan e-mail);
  4. Abstrak (Indonesia dan Inggris/Arab) maksimal 200 kata; Tujuan, Metode, Hasil dan Pemabahasan, Kesimpulan
  5. Kata-kata Kunci (3 – 5 kata/prasa);
  6. Pendahuluan; Disinilah perlu memuat artikel yang dapat dijadikan sebagai landasan teori. 
  7. Sub-sub Jurnal terdiri dari: Pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan;
  8. Kesimpulan;
  9. Daftar Pustaka.
    1. Naskah artikel diketik dengan font Arial  Unicode MS 12, 1  spasi dengan panjang 15 – 20 halaman.
    2. Naskah artikel yang dikirim secara online disertai softcopy dan biodata singkat penulis (minimal memuat nama lengkap, jabatan, alamat, tempat tugas, bidang keahlian, nomor kontak, e-mail, dan pendidikan (S1, S2, S3).
    3. Review  isi naskah tulisan dalam aspek isi dilakukan reviewer atau mitra bestari, dan dalam aspek teknik penulisan dilakukan oleh editor.
    4. Penulis naskah artikel diberi kesempatan untuk memperbaiki (revisi) naskah atas dasar rekomendasi editor/penyunting/reviewer/mitra bestari.

10. Naskah/artikel dikirim/submit secara online ke alamat: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/user/register.  

11. Korespondensi dapat dilakukan dengan tim editor Forum Paedagogik dengan alamat Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan Jalan T. Rizal Nurdin KM. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan 22733, atau melalui e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com.

12. Naskah/artikel yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan, kecuali atas permintaan penulis yang bersangkutan.

13. Pengutipan dengan mendeley menggunakan style: zotero/ mendeley menggunakan style Chicago Manual 17th (Full Note). Kedua sistem ini menjadi acuan dalam mengutip dan tetap harus mengacu pada selingkung Tulisan yang di tetapkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN  Padangsidimpuan. Contoh:

Pengutipan Buku:

Abuddin Nata, Metodologi Studi Islam (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016), hlm. 26.