FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BELAJAR PESERTA DIDIK

NURSYAIDAH NURSYAIDAH* -  Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Proses belajar banyak yang mempengaruhinya, secara umum dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor intern dan faktor ekstren, termasuk proses belajar bahasa, khususnya belajar bahasa Indonesia. Dengan demikian, pengajaran keterampilan berbahasa berkaitan erat dengan perbuatan mendidik sebagai upaya sadar mendewasakan siswa berbagai dimensi intelektual, dimensi emosional dan dimensi sosial, yang dalam ini juga sangat dipengruhi oleh faktor yang ada dalam individu siswa yang sedang belajar, misalnya: faktor jasmaniah yang meliputi kesehatan; faktor fisikologisme yang meliputi inteligensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, kesiapan dan faktor kelelahan; maupun faktor yang ada di luar individu itu sendiri, misalnya : faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat.

There are some factors that affect the process of studying; generally it can be divided into two factors, internal factor and external factor, also language study process, especially study Indonesian Language. Therefore, teaching skill of language is the action of educating as the effort to get students adult from intellectual, emotional and social dimension. These are affected by internal individuals of students that studying. For example: physics   factors that consist of psychologist factors: intelligent, attention, interest, motivation, the factors of ready and tired, also the external factor of individual, for example: family, school, sociality factors.

  1. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitinan Suatu Pendekatan Prakter, Jakarta: Bina Aksara, 1989.
  2. Depdiknas, Kurikulum Sastra Indonesia Respons dan Analisis, Jakarta: Depdikbud 2003.
  3. Halim, Amran, Metode Penulisan Skripsi dan Tesisi, Bandung : Angkasa, 1980.
  4. Nasution S., Metode Research,Bandung : Jemmars1987.
  5. Samsuri, Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta
  6. Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rajawali Press. 1998
  7. Sumadi Suryabrata, Psikologi pendidikan, Jakarta: Raja Frafindo Persada, 2002.
  8. Sudjono, Anas, Politik Bahasa Nasional, Jakarta : Balai Pustaka1980.
  9. Suryabrata, Sumadi, Metodoligi Penelitian, Jakarta : Rajawali, 1992.
  10. Tarigan Hendri Guntur, Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Indonesian,Bandung : Angkasa. 1991.
  11. Tim Penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung : Balai Pustaka 1990.
  12. Tim Penyusun Buku Sekolah Pendidikan Guru Samsuri, Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta, 1991.

Open Access Copyright (c) 2016 NURSYAIDAH NURSYAIDAH
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats