PERAN GURU,TEKNOLOGI TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMP 5 MUHAMMADIYAH

Khalilah Nst, Fitri Diana, Unik Hanafiah Salsabila

Abstract


Abstract

 

The purpose of this article is to find out the reflection on the role of teachers and the technology of distance learning in SMP 5 Muhammadiyah. This research method is qualitative and uses descriptive analysis. The instrument in this study was the teacher of educational technology at the time of implementation of distance learning. The results of this study provide information that the role of technology teachers in distance learning at SMP 5 Muhammadiyah has two sides. First, it is positive that teachers are getting more experience in using technology in learning so they don't need to attend school, so the costs will decrease and it will be easier to access materials. Second, on the negative side, it can be seen that many children are not ready with the technology, even children do not feel comfortable participating in online learning. This means that it is the role of the technology teacher who can get positive results while the results of the learning still have shortcomings, especially less serious with the distance which can cause prolonged boredom. For this reason, a suggestion for teachers and all education managers to continue to carry out offline learning (face to face).

 

Keywords: role; technology teacher; learning

 

Abstrak

 

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui refleksi peran guru dan teknologi terhadap pembelajaran jarak jauh di SMP 5 Muhammadiyah. Metode penelitian ini adalah kualitatif serta menggunakan analisis deskripsi. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah guru teknologi pendidikan pada waktu melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa peran guru teknologi terhadap pembelajaran jarak jauh di SMP 5 Muhammadiyah memperoleh dua sisi. Pertama, secara postif bahwa guru-guru semakin bertambah pengalaman dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran sehingga tidak perlu hadir ke sekolah maka biaya akan semakin berkurang dan semakin mudah untuk mengakses materi. Kedua, pada sisi negatif dapat diketahui bahwa banyak anak-anak tidak siap dengan teknologi, bahkan anak anak tidak merasa nyaman mengikuti pembelajaran secara daring. Artinya peran guru teknologilah yang dapat hasil positifinya sedangkan hasil dari pembelajaran tersebut masih memiliki kekuranagn terutama kurang serius dengan jarak jauh dapat menimbulkan kebosanan yang berkepanjangan. Untuk itu, sebagai saran bagi guru dan seluruh pengelola pendidikan agar tetap melaksanakan pembelajaran secara ofline (tatap muka).

 

Kata kunci: peran; guru teknologi; pembelajaran


Keywords


Keywords: role; technology teacher; learning

Full Text:

PDF

References


Aan, Muswardi, Y. (2008). Analisis Kinerja Guru Pembimbing Dalam Penyusunan Program Bimbingan dan Konseling. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287.

Daulay, M. R. (2021). Pembelajaran Online Di Masa Pandemi (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Al-Ahliyah Al-Islamiyah Desa Aek Badak Julu). Darul Ilmi: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 09(01), 26–39. http://194.31.53.129/index.php/DI/article/view/3499

Fatimah, D. (2021). Analisi Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar. 30.

Ibrahim, H. 2011. F. – faktor yang berhubungan dengan kejadian I. pada anak B. di wilayah P. B. K. B. T. 2011. T. P. P. U. (2014). PERAN GURU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MENURUT Permendikbud Nomor 68 Tahun 2014 DI SMP NEGERI 6 SALATIGA (Issue c).

IDLOAH, H. Z. (2021). PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SMP Negeri 3 Peterongan) (Vol. 19).

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D., A., & Apsarini, S., F. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IIII SDN Sindangsari III. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128.

Magdalena, Ina, Edo Erdian, A., & Marcelino, R. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 Di Sd Negeri Poris Pelawad 03 Kota Tagerang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 300–313. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Padmini, K. H., & Tyagita, B. P. A. (2015). Teknologi Pendidikan Sebagai Pembelajaran Kompetitif Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa: Studi Kasus Di Salah Satu SMA Di Salatiga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 60. https://media.neliti.com/media/publications/171192-ID-teknologi-pendidikan-sebagai-pembelajara.pdf

Rachman, T. (2018). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1975, 10–27.

Sulistyana. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Level Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.24952/paedagogik.v13i1.4452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Forum Paedagogik Jurnal Pendidikan Agama Islam

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414


View My Stats