REFLEKSI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN IAIN PADANGSIDIMPUAN

Ahmad Nizar Rangkuti* -  Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia
Yuhanni Yuhanni Yuhanni -  Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan, Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterampilan mengajar mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang dibutuhkan yaitu seluruh guru pamong dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Hasil penelitian menyatakan bahwa Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MAN 2 Padangsidimpuan sudah terlaksana dengan baik. Namun, masih perlu adanya peningkatan dari setiap komponen keterampilan mengajar, seperti keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan memberikan penguatan, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, dan keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil. Agar setiap keterampilan mengajar dapat dikuasai dengan baik oleh setiap mahasiswa PPL sebagai calon guru yang profesional.

Keywords : Guru Pamong; Keterampilan Mengajar; Praktik Pengalaman lapangan

  1. Dasmo, (2014). Peran Guru Pamong dan Dosen Pembimbing Terhadap Keberhasilan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa,” Jurnal Formatif, Volume. 4 No. 1

    E. Mulyasa, (2016). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosda Karya

    Hasratuddin, (2015). Mengapa Harus Belajar Matematik? Medan: Perdana Publishing

    Insan Kamil dkk (2018), “Persepsi Guru Pamong Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Studi Kasus: SMKN 1 Tilatang Kamang dan SMKN 5 Padang,” Jurnal Cived Jurusan Teknik Sipil, volume 5, No. 1, Maret 2018

    Moh. Zainal Fanani, (2016) “Persepsi Guru Pamong Terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa,” Jurnal Realita, Volume 14, No. 2 Juli 2016.

    Nana Syaodih Sukmadinata, (2017) Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

    Nur Asia, (2019). Penerapan Keterampilan dasar Mengajar Guru di SMP Muhammadiyah Soni Dampal Selatan. Scolae: Journal of Paedagogy. Vol. 1 No. 1, 2019. hlm. 253-261

    Purwono, (2009) Konsep dan Definisi Dokumentasi, Jakarta: Universitas Terbuka

    Rangkuti, A.N. & Jusrina, (2017). Profesionalisme Guru Matematika MTs Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Math Educa Journal, 1 (2) (2017): hlm. 117-128

    Yuni Rhamayanti, (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi Matematika,” Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Volume 3, No. 1 Tahun 2018


Open Access Copyright (c) 2021 Ahmad Nizar Rangkuti, Yuhanni Yuhanni Yuhanni
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats