KOMUNIKASI EFEKTIF: AKTUALISASI KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM PERSPEKTIF

Elvian Mutiara* -  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
Eva Zulvi -  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
Shella Masrofah -  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
Difa Ul Husna -  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia
AbstractSocial competence is the competencies that must be possessed by teachers or educators. The existence of investigating this social competence aims to reveal again about effective communication carried out by teachers with students or the community as a form of actualization of teacher competencies in an Islamic perspective. The method used in this research is in the form of qualitative analysis with a library research approach or library method. Social competence can be interpreted as a teacher's performance in speaking and communicating with students, fellow teachers, and the surrounding community in an effective and interactive manner. A teacher must have good social competence in carrying out their duties and roles. Without good communication skills, of course, the implementation of the education process and daily life will not run effectively and not as expected. Teacher social competence is divided into two, namely: teachers in the school environment and teachers in the community. If a teacher can develop their social competence, it will be easier to carry out their duties and responsibilities. Effective communication will be created by a teacher who has good social competence.Keywords: communication; social competence;  Islamic perspective.

 

AbstrakKompetensi sosial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik.  Adanya penelitian mengenai kompetensi sosial ini bertujuan untuk mengungkap kembali mengenai komunikasi efektif yang dilakukan guru dengan peserta didik ataupun masyarakat sebagai bentuk aktualisasi kompetensi guru dalam perspektif islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa analisi kualitatif dengan pendekatan library research atau metode kepustakaan. Kompetensi sosial dapat diartikan sebagai suatu kinerja guru dalam bercakap, dan berkomunikasi dengan para peserta didik, sesama pendidik, maupun dengan masyarakat sekitar secara efektif dan interaktif. Seorang guru harus memiliki kompetensi sosial yang baik dalam menjalankan tugas dan perannya. Tanpa adanya kemampuan komunikasi yang mumpuni, tentu pelaksanaan proses pendidikan dan berkehidupan sehari-hari tidak akan berjalan efektif dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kompetensi sosial guru dibagi menjadi dua, antara lain: guru dalam lingkungan sekolah dan guru dalam bermasyarakat. Jika seorang guru dapat mengembangkan kompetensi sosialnya, maka akan lebih mudah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Komunikasi yang efektif akan tercipta dari seorang guru yang memiliki kompetensi sosial yang baik.Kata  kunci: komunikasi; kompetensi sosial; prespektif  islam.

Keywords : communication; social competence; islamic

  1. Ahmad, M. A.;. "Komunikasi Sebagai Wujud Kompetensi Sosial Guru di Sekolah." 2019.
  2. Ashsiddiqi, M. Hasbi;. "KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGANNYA." TA'DIB, 2012.
  3. Baharudin, B;. "Prinsip-Prinsip Komunikasi dalam Al-qur'an." Ilmu Dakwah: Academic Journal For Homiletic Studies, 2010.
  4. Budiana, N. dkk.;. Etika Profesi Pendidikan Generasi Milenial 4.0. UB Press, 2019.
  5. Chalik, S. A;. "Filsafat Sosial Dalam Al-Qur'an ." Jurnal Tafsere, 2015: 51-68.
  6. Hakim, H.;. "PrinsiPrinsip-Prinsip Komunikasi dan Informasi dalam Prespektif Al-Qur'an Membangun Komunikasi Beradab." Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, 2020.
  7. Huda, M. N;. "Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Pendidikan." Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2017: 42-62.
  8. Huda, Mohammad Nurul;. "Peran Kompetensi Sosial Guru Dalam Pendidikan." Jurnal Prodi Managemen Pendidikan Islam, 2018: 42-62.
  9. Indrawan , I;. Menjadi Guru PAUD DMIJ Plus Terintegrasi Yang Profesional. Edited by Ravida Dan F.A.Faza'ur. CV.DDOPTLUS Publisher, 2020b.
  10. Indrawan, I;. Guru Profesional. Edited by I.M.Adnan. Lekeisha, 2020a.
  11. Muspiroh, Noviyanti;. "PERAN KOMPETENSI SOSIAL GURU DALAM MENCIPTAKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN." 2016.
  12. Pingge, H. D.;. "Mengajar dan Belajar Menjadi Guru Sekolah Dasar." Edited by Andriyanto. 2020.
  13. Suparman, Oman;. "SUPERVISI KLINISUNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL GURU-GURU DI SD NEGERI HEGARMANAH JALANCAGAK SUBANG." Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 2020.
  14. Suyitno, L.;. "UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI SOSIAL GURU PPKN DI SMP NEGERI 2 BARAKA KABUPATEN ENREKANG." Jurnal Tomalebbi, 2018: 13-24.
  15. Yuliana, L;. "Peranan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Kematangan Profesional Guru." Jurnal Manajemen Pendidikan, 2007.

Open Access Copyright (c) 2021 Elvian Mutiara, Eva Zulvi, Shella Masrofah, Difa Ul Husna
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats