KODE ETIK GURU MENURUT PERSPEKTIF ISLAM

Akhiril Pane* -  Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia, Indonesia
Fathinahaya Nailatsani -  Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Indonesia, Indonesia

Penulisan jurnal ini bertujuan mengetahui kode etik yang harus dimiliki seorang guru karena kode etik tersebut sangat penting bagi guru sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Kode etik guru berisikan tata aturan mencangkup kepribadian atau tingkah laku yang baik, serta guru yang bisa mengendalikan sisi negative dan memperlihatkan sisi positif kepada peserta didik untuk dijadikan panutan. Menjadi seorang Muslim, setiap insan harus memiliki kode etik yang selaras dengan tuntunan dan ajaran Al-Qur’an beserta Sunnah. Nabi Muhammad SAW merupakan seorang pendidik professional dan satu-satunya panutan yang sempurna. Rasulullah Saw mampu menjadi contoh nyata seorang pendidik yang islami sesuai Al-Qur’an dan Hadis. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, jurnal ditulis menggunakan teknik metode pengumpulan data dengan jenis metode library research, metode historis, metode perkembangan dan metode korelasional. Kesimpulan isi jurnal ini terfokus pada guru yang harus mampu meberikan contoh baik kepada peserta didiknya baik dari tutut kata, perilaku, maupun dari sikap yang diwujudkan pada lingkungan sekolah dan kehidupan sehari-hari melalui kode etik guru.

Keywords : kode etik guru;pendidikan Islam;kepribadian

  1. Agus Supandi, Sara Sahrazad, Arief Nugroho Wibowo, & Sigit Widiyarto. (2019). Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Prosiding SAMASTA), 1–6. Ahmad, A. (2012). RASULULLAH Potret Untuk Pendidikan Karakter Anak Bangsa. 237–250. Akhmad Zacky. (2016). KODE ETIK GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME PENDIDIK ; REAKTUALISASI DAN PENGEMBANGAN KODE ETIK GURU DI MADRASAH ALIYAH DARUL AMIN PAMEKASAN Akhmad Zacky AR ( STIKA An Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep ) Abstract : Doi, 4(2), 271–292. Ali, M. (1996). Guru dalam Proses Pembelajaran. Sinar Baru Algesindo. Anas, N. (2017). Rasulullah Sebagai Pendidik Profesional. Pendidikan Islam. Darul, J., & Vol, I. (2014). KEPRIBADIAN RASULULLAH SAW SEBAGAI GURU PROFESIONAL Oleh: Zulhammi 1. 2(1), 59–73. Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643 Fahrudin, I. (2018). Kompetensi kepribadian pendidik perspektif pendidikan islam. 7(2), 130–144. https://doi.org/10.22219/progresiva.v7i2.13977 Faishol, L. (2020). Kepemimpinan Profetik dalam Pendidikan Islam. Eduprof : Islamic Education Journal. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.30 Gade, S. (2015). KODE ETIK PENDIDIK MENURUT IBNU JAMA ’ AH Syabuddin Gade. 9, 23–36. Habibah, S. (2015). Akhlak Dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar.

Open Access Copyright (c) 2022 Akhiril Pane, Fathinahaya Nailatsani
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats