MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE SISWA KELAS V SD PUDUN JAE PADA MATERI KEANEKARAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA

Rahmadani Tanjung Tanjung* -  IAIN Padangsidimpuan

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan ciri khas yaitu dilaksanakan dengan menggunakan siklus-siklus yang merupakan suatu pemecahan menuju praktek pembelajaran yang lebih baik. Tiap pelaksanaan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V  SD Pudun Jae. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jumlah Subjek Penelitian sebanyak  30 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V SD Pudun Jae. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.

Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu ada 6 siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan presentasi 30 % dan 24 orang siswa tidak tuntas dengan presentasi 70% dengan nilai rata-rata 47. Perolehan hasil siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Scramble diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 20 orang siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan presentasi 88% dan tidak tuntas sebanyak 3 dengan presentasi 12% dengan nilai rata-rata 70. Perolehan hasil siklus I ditindaklanjuti pada siklus II dengan menggunakan model  pembelajaran scramble  diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 23 orang siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar  dengan presentasi 100% dengan nilai rata-rata 84.

Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Scrambel dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Pudun Jae pada pelajaran IPS dalam materi Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya Indonesia

Keywords : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Scramble

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
  2. Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV.Yrama Widya
  3. Aunurahman.2013.Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta
  4. Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Damayanti, Hesti (2010) pengaruh pembelajaran matematika dengan strategi scramble dan make a match terhadap prestasi belajar matematika pada segi empat ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas vii semester ii smp n 2 kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
  6. Hariono, D. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Mata Pelajaran Fisika Pada Topik Listrik AC-DC. Other thesis, Universitas Negeri Gorontalo
  7. Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
  8. Prawiradilaga, Dewi S. 2009. Prinsip disain pembelajaran. Jakarta:Kencana.
  9. Purwanto, M.P. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Qudsi FT, Istianah. 2017. Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika dengan “MOSCRA”. Jurnal Guru Dikmen, Vol. 2, No.1 . Jakarta
  11. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruuz Media.
  13. Syah, Muhibbin. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  14. Sudjana, Nana.2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  15. Supartik. 2012. Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Rekayasa untuk Anak Usia Dini ( PAUD) Negeri Pembina 2 Kota Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2011-2012.Tesis. Medan: Universitas Negeri Medan.
  16. Susanto, Ahmad.2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
  17. Surapranata, Sumarna.2009.Analisis, Validitas,Reliabilitas dan Interpretasi Hasi. Tes. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  18. Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  19. Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  20. Suyono, dkk.2014.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  21. Suyatno.2009. Menjelajah pembelajaran Inovatif.Sidoarjo:Masnedi Buana Pustaka.
  22. Susanti Ahmad.2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekola Dasar.Jakarta: Kencana
  23. Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  24. Trianto.2011.Mendesain Model Pembelajaran Iinovatif Progresif. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
  25. Triyono, Bruri, dkk. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. AKMIL: Mangelang.
  26. Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Open Access Copyright (c) 2020 Rahmadani Tanjung Tanjung
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats