KOMPETENSI PAEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Julika Rahma Siagian* -  STAI Al Hikmah Medan, Indonesia
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif tentang Kompetensi Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 2 Aer Joman.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data diambil dari teknik triangulasi data. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMP N 2 Aer Joman dengan jumlah sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menggambarkan guru Pendidikan Kewarganegaraan tidak begitu memperhatikan pemahaman, keterbatasan media pembelajaran hanya menggunakan media pembelajaran seadanya, metode yang sering  digunakan oleh  guru Pendidikan Kewarganegaraan adalah metode ceramah, dan pengembangan siswa yang dilaksanakan oleh guru pendidikan Kewarganegaraanadalah remedial dan ekstra kulikuler, sedangkan bimbingan konseling tidak terlaksana

Keywords : kompetensi paedagogik;guru pendidikan Kewarganegaraan

  1. Alma, Buchari dkk, Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar), Bandung: Alfabeta, 2010.
  2. Al-Rasyidin, Kepribadian dan Pendidikan, Jakarta:Cita Pustaka Media,2004.
  3. B. Uno, Hamzah, Profesi Kependidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
  4. Darajat, Zakiah, dkk., Metodik Khusus Pengajaran Kewarganegaraan, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
  5. Djamarah,SyaifulBahri,Guru dan Anak Didik, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
  6. Djamas, Nur Hayati, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam,Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama, 2005.
  7. E. Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
  8. Kunandar, Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalamSertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
  9. Marimba. Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam,Bandung: Al-Ma’arif,1986.
  10. Mudlofir, Ali, Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Rajawali Pres, 2012.
  11. Mulyana, Deddy,Metodologi Penelitian Kualitatif, Pradigma Baru Ilmi Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
  12. Naim, Ngainum, Menjadi Guru Inspiratif,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
  13. Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, Jakarta: Paramadina, 2001.
  14. Slameto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1998.
  15. Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
  16. Suyanto dan Djihad Hisyam, Refleksi Dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium, Jogjakarta; Adicita Karya Nusa, 2000.
  17. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2011.
  18. Syahrial, Pendidikan Kewarganegaraan (Iplementasi Nilai-nilai Karakter Bangsa) di Perguruan Tinggi, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
  19. Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta, 2009.
  20. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen (Bab IV Pasal 10 Ayat 1).
  21. Usiono, Kewarganegaraan Membangun Karakter Bangsa, Jakarta: Hijri Pustakan Utama, 2007.
  22. Uyoh Sadulloh dkk, Paedagogik (Ilmu Mendidik), Bandung: Alfabeta, 2010.
  23. Wibowo, MunginEddy, Paradigma Bimbingan dan Konseling, Semarang; DEPDIKNAS, 2001

Open Access Copyright (c) 2020 Julika Rahma Siagian
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats