Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numered Heads Together

Azmil Hasan Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan model Cooperative learning tipe Numered heads together pada pembelajaran matematika. Berdasarkan pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri Kadukancas, bahwa hasil belajar Matematika di kelas V masih rendah, yaitu siswa yang mendapat nilai KKM yaitu 65 atau lebih hanya 35,71% (10 siswa) sisanya 64,29% (18 siswa) di bawah KKM. Hal ini disebabkan karena guru tidak pernah menggunakan pembelajaran secara kelompok. Tujuan penelitian  tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Prosedur penelitian tindakan kelas ini meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Kadukancas semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan subjek kelas V yang berjumlah 28 siswa, terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, siswa yang mencapai KKM yaitu memperoleh nilai sama atau lebih dari 65 sebanyak 19 siswa (67,86%), mengalami peningkatan sebesar 32,16% dari data pra siklus. Sedangkan pada siklus II, siswa yang mencapai KKM yaitu memperoleh nilai sama atau lebih dari 65 sebanyak 25 siswa (89,29%), mengalami peningkatan sebesar 21,43% dari data siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajarmatematika.


Keywords


Hasil Belajar, Cooperative Learning, Numered Heads Together

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Suharjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hudojo, Herman. (2003). Guru Matematika Kontruktivis. Makalah pada Seminar Nasional, Yogyakarta. Ibrahim, M. dkk, (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Ibrahim, Syaodih. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Heruman. (2014). Model-Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Iqbal Ali. 2010. Numbered Head Together Artikel On-line. http://iqbalali.com. diakses tanggal 22-04- 2011.

Mulyatiningsih, Endang. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Nasution. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdiansyah, B. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Sabri, M. Alisuf. (2001). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, E. Robert. 2014. Cooperative Learning Teori Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Soemanto, Wasty. (1990). Psikologi Pendidikan, Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman, E. dkk. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: FPMIPA UPI.

Suherman, Erman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Wiriaatmaja, Rochiati. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, Eko P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ysh, A.Y Soegeng. 2012. Pengembangan Sistem Pembelajaran. Semarang: IKIP PGRI SemarangPress.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Forum Paedagogik Jurnal Pendidikan Agama Islam

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

ISSN Print: 2086-1915 ISSN ONLINE


Free counters!