PENDIDIKAN VERSI MUHAMMAD NAQUIB AL ATTAS

Armyn Hasibuan Hasibuan

Abstract


Sebagai seorang tokoh pendidikan, Muhammad Naquib Al-Attas menegaskan untuk menghadapi krisis pendidikan Islam dewasa ini, harus mengadakan pembaharuan-pembaharuan di segala aspek kehidupan umat Islam utamanya pada aspek pendidikan itu sendiri. Anak didik jangan hanya diajarkan pendidikan Islam yang berorientasi mencapai kebahagiaan hidup di akhirat yang kekal dan abadi, tetapi juga mereka harus dididik gesit untuk meraih kebahagiaan profan dengan berbagai profesi. Menurut Al-Attas, pendidikan Islam selama ini masih dipahamkan parsial dan tidak integral dengan kehidupan modern dewasa ini. Pendidikan Islam hanya sebatas pemindahan ilmu dengan menghafal bahkan masih terikat betul dengan nuansa klasik dan kurang peduli pada kemajuan peradaban sains dan teknologimodern.

Al-Attas salah seorang tokoh pendidik melayu muslim tampil memberi ide dan  penegasan bahwa pendidikan akan berjalan sesuai harapan bilamana pelaksanaannya harus  punya perencanaan yang berkorelasi dengan metode dan isinya. Tujuannya membentuk manusia yang integral dalam wujud universal.Maka pradigma pendidikan lebih tepat digunakanta’dibdaripadata’limatau tarbiyah. Artinya ta‟dib lebih luas cakupan maknanya dari pada dua kata lainnya, baik kognitif untuk membangun kecerdasan IQ maupun kecerdasan spiritual dan potensi skill telah dicakup oleh kata ta’dib, justru rasulullah SAW. mengatakan addabany rabby fa ahsana ta’diby,”Tuhanku telah mendidikku lalu Dia baikkan didikanku”. Metode ta’dib berarti harus lebih banyak membimbing anak didik dengan materi pendidikan berbasis kurikulum itu menjadi skill, menyelidiki isi danmuatan Al- Qur‟an - hadis memperluas cakrawala menghadapi kemajuan zaman kedepan.


Keywords


Pendidikan, Versi dan Al Attas

Full Text:

PDF

References


Naquib Al-Attas, Konsep Pendidikan dalam Islam (Suatu Pembinaan Filsafat Pendidikan Islam), Terj. Haidar Baqir, Cet.(IV, Bandung: Mizan),2004

Muh. Said dan Junimar Affan, Mendidik dari Zaman ke Zaman, (Bandung: Jemmars),1997.

Langgulung, H Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi dan Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Al-Husna),1999.

Naquib Al-Attas, Op.Cit., Saiful Muzani, Pandangan Dunia danGagasan Islamisasi Ilmu Syed Muhammad Naquib Al-Attas, dalam JurnalHilma)1991.

Muhammad Naquib Al-Attas, Islam dan Sekularisme, (Bandung: Pustaka Puspa)1998.

Rizal Muntansyir dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)2016.

Abdul Khaliq, dkk, Pemikiran Pendidikan Islam, Kajian Tokoh Klasik danKontemporer,1999 (Semarang: IAIN Wali Songo dan Pustaka Pelajar).

Syed Sajjad Husein dan Syed Ali Ashraf, Krisis Pendidikan Islam, ( Bandung : Risalah,2006).

Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Pemberdayaan, Pengembangan

Kurikulum hingga ke Defenisi Islamisasi Pengetahuan.( Bandung : Nuansa: 2003)

Hamid Fahmy, Zarkasyi, World View Sebagai Asas Epitemologi dan dalam Islamiah, Makalah pendidikan dan peradaban islam.

Ismail Rajid Al- Faruqi, Islamisasi Pengetahuan, terj. Mahyuddin ( Bandung : Pustaka Pelajar, 1998)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Forum Paedagogik Jurnal Pendidikan Agama Islam

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

ISSN Print: 2086-1915 ISSN ONLINE


Free counters!