HUBUNGAN KEADAAN EKONOMI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs N 2 PADANGSIDIMPUAN

Lili Nur Indah Sari* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 64 kelas yang terdiri dari 129 siswa dengan jumlah sampel 32 orang yang diambil 25% dari jumlah populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan Tes. Angket bertujuan untuk memperoleh gambaran ekonomi orangtua siswa dan prestasi belajar siswa. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reabilitas intrumen. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, koefisien determinasi, uji signifikan dan uji tingkat pencapaian. Setelah dilakukan perhitungan terhadap data untuk melihat hubungan variabel X dengan variabel Y diperoleh r hitung sebesar 0,097, sehingga diperoleh ada hubungan keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, tetapi dengan tingkat hubungan sangat rendah sebesar 0,9 %. Hal ini terbukti dari koefisien korelasi yang diperoleh sebesar rxy= 0,097 sedangkan rtabel= 0,029 pada taraf signifikan  5% Pada keadaan ekonomi orangtua tergolong baik yakni dengan persentase 61% yang berada pada interval 57 % - 61 %. Prestasi belajar tergolong sangat baik dengan nilai rata rata 84,5 yang berada pada interval 85-87. Dengan demikian diperoleh thitung< ttabel, yaitu 0,097 < 1,697, dapat disimpulkan ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y tetapi dengan tingkat hubungan yang sangat rendah. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini ditolak, yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara keadaan ekonomi orangtua dengan prestasi belajar siswa kelas VIII DI MTs N 2Padangsidimpuan

Keywords : Keadaan Ekonomi dan Prestasi Belajar

  1. Abdul Basith, Ekonomi Kemasyarakatan Visi dan Perbedaan Sektor Ekonomi Rendah, Malang:UIN MALIKI PRESS, 2011.
  2. Amiur Nuruddin, Dasar-dasar Ekonomi Islam, Bandung: Citapustaka Media, 2006.
  3. Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1982.
  4. Firdaus, Pendidikan Berbasis Realitas Sosial, Jogjakarta: Logung Pustaka, 1991.
  5. Hanapi Ridwan dan Lia Mariati, Kamus Besar Indonesia Populer, Surabaya: Tiga Dua, 1992. Mubin Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT Grafindo, 2004.
  6. Muhammad Ali, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Moderen, Jakarta: Pustaka Insani.
  7. Nurul Huda dkk, Keuangan Publik Islam Pendekatan Teoritis dan Sejarah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
  8. Sardiman, AM, Interaksi dan Motivasi BelajarMengajar Jakarta : Raya Gravindo Persada 2002.
  9. Slameto, Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya Jakarta: Rineka Cipta 1991. Syaifuddin Azwar, Psikologi Intelegensi, Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2002.
  10. Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2008.
  11. Usman Husaini Dkk, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : PT Bumi Aksara,2011.
  12. W.A. Garungan, Psikologi Sosial, Bandung: Eresco, 1998.

Open Access Copyright (c) 2020 Lili Nur Indah Sari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats