KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBUKTIAN MATEMATIS POKOK BAHASAN SIFAT URUTAN PADA BILANGAN REAL

Nur Fauziah Siregar* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika pada mata kuliah Analisis Real-1 khususnya dalam pokok bahasan sifat dan urutan pada bilangan real. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan objek penelitiannya adalah mahasiswa semester IV program studi tadris/pendidikan matematika di IAIN Padangsidimpuan yang berjumlah 34 orang  dengan tingkat kemampuan heterogen. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes essay. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data kemudian menyajikan data dalam bentuk paragraf dan gambar, selanjutnya mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan umum yang dialami mahasiswa pada penelitian ini terjadi pada (1) kesulitan memahami konsep pernyataan atau simbol matematika, dan (2) menyusun bukti kebenaran secaramatematis

 

Keywords : Kesulitan; Pembuktian Matematis; Sifat Urutan; Analisis Real.

  1. Bramlett, D. and Drake, C. (2013). A History of Mathematical Proof: Ancient Greece to the Computer Age, Journal of Mathematical Sciences & Mathematics Education, Vol. 8 No. 2.
  2. Dantes, Nyoman. (2014). Metode Penelitian, Yogyakarta: C.V Andi Offset.
  3. Dedy Mulyana,. (2001). Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya). Hodiyanto. (2017). Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester V dalam Mengerjakan Soal
  4. Pengantar Analisis Real, EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol.5 No.1.
  5. Hudojo, Herman. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
  6. Knuth, E. J. (2002). Teachers’ Conceptions Of Proof In The Context Of Secondary School Mathematics, Journal of Mathematics Teacher Education Vol. 5, Pages: 61–88.
  7. Lesseig, K. (2016). Investigating mathematical knowledge for teaching proof in professional development. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), Vol. 2(2), Pages:253-270.
  8. Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: PT Refika Aditama.
  9. Minggi, I., dkk. (2016). Penyebab Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematika, Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, Volume 19, Nomor 1.
  10. NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics, The United State of America.
  11. Nurrahmah, A., dan Karim, A. (2018). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Matakuliah Teori Bilangan, Jurnal Edumath , Volume 4. No. 2, Hlm. 21- 29.
  12. Septian, A. (2014). Pengaruh Kemampuan Prasyarat Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Matakuliah Analisis Real, Jurnal Kajian Pendidikan, Volume 4, Nomor 2.
  13. Sucipto, L., dan Mauliddin. (2016). Analisis kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep bilangan real, BETA Jurnal Tadris Matematika, Vol. 9 No. 2, Hal.197-211.
  14. Weber, Keith. (2015). Effective Proof Reading Strategies for Comprehending Mathematical Proofs, International Journal Res. Undergrad. Math. Ed. Vol.1, Pages: 289–314.

Open Access Copyright (c) 2020 Nur Fauziah Siregar
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats