PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PERBAIKAN IKLIM KELAS (Penelitian Tindakan Kelas dI MAN 2 Padangsidimpuan)

Raisa Subakti Subakti* -  IAIN Padangsidimpuan

Penelitian ini bertujuan meningkatkan iklim belajar untuk meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019. Rumusan masalah pada penelitian ini, Apakah iklim belajar dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019?. dan Iklim belajar yang bagaimana dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Padangsidimpuan dengan subjek kelas XII, subjek kelas XII IPA. Waktu yang peneliti gunakan untuk mengadakan penelitian antara bulan Pebruari sampai Maret 2019. Penelitian ini  merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap tindakan yang dilaksanakan dan dimasukkan dalam siklus. Peneliti menggunakan prosedur umum yang biasa digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesim- pulan bahwa: 1) iklim belajar dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019. dan 2) Iklim belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019 dengan menempatkan suatu pembelajaran yang kondisi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan ,juga dicapai dengan guru yang berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator dan evaluator dengan baik menempatkan suatu pembelajaran dengan kondisi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, dan didukung dengan ruangan kelas yang nyaman, fasilitas di dalam kelas yang memadai, sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan yang baik.

Keywords : iklim belajar,biologi

  1. Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
  2. Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang. Muhsetyo, G.,dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung, Rosdakarya
  3. Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang
  4. Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
  5. Sudrajat, A. (2011). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Diperoleh 26 Oktober 2011 dari http:// akhmadsudrajat. wordpress. com / 2011 / 09 / 28 / pembelajaran – berdasarkan – masalah /
  6. Sujana, (2008) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan inovatif, Bandung, Bumi Aksara.
  7. Sugiyanto, (2008), Model-model Pembelajaran Kooperatif. Surakarta : Depdikbud.

Open Access Copyright (c) 2020 Raisa Subakti Subakti
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats