PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI PERBAIKAN IKLIM KELAS (Penelitian Tindakan Kelas dI MAN 2 Padangsidimpuan)

Raisa Subakti Subakti

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan iklim belajar untuk meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019. Rumusan masalah pada penelitian ini, Apakah iklim belajar dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019?. dan Iklim belajar yang bagaimana dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Padangsidimpuan dengan subjek kelas XII, subjek kelas XII IPA. Waktu yang peneliti gunakan untuk mengadakan penelitian antara bulan Pebruari sampai Maret 2019. Penelitian ini  merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setiap tindakan yang dilaksanakan dan dimasukkan dalam siklus. Peneliti menggunakan prosedur umum yang biasa digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesim- pulan bahwa: 1) iklim belajar dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019. dan 2) Iklim belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar biologi konsep genetika di MAN 2 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018-2019 dengan menempatkan suatu pembelajaran yang kondisi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan ,juga dicapai dengan guru yang berperan sebagai sumber belajar, fasilitator, pengelola, demonstrator, pembimbing, motivator dan evaluator dengan baik menempatkan suatu pembelajaran dengan kondisi aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, dan didukung dengan ruangan kelas yang nyaman, fasilitas di dalam kelas yang memadai, sirkulasi udara yang baik serta pencahayaan yang baik.


Keywords


iklim belajar,biologi

Full Text:

PDF

References


Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang. Muhsetyo, G.,dkk. (2008). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung, Rosdakarya

Nurhadi, dkk. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Sudrajat, A. (2011). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Diperoleh 26 Oktober 2011 dari http:// akhmadsudrajat. wordpress. com / 2011 / 09 / 28 / pembelajaran – berdasarkan – masalah /

Sujana, (2008) Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan inovatif, Bandung, Bumi Aksara.

Sugiyanto, (2008), Model-model Pembelajaran Kooperatif. Surakarta : Depdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Forum Paedagogik Jurnal Pendidikan Agama Islam

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

ISSN Print: 2086-1915 ISSN ONLINE


Free counters!