PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN MENELADANI KETAATAN MALAIKAT

Meli Sartika Harahap* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Ahmad Nizar Rangkuti -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Latifa Annum Dalimunthe -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar pokok bahasan meneladani ketaatan malaikat-malaikat  Allah Swt kelas VII di SMP Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar yang valid dan reliable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menghasilkan nilai thitung>ttabel yaitu 3,80> 1,98 dengan taraf signifikansi 0,05.

Keywords : Model Pembelajaran; Kooperatif; Tipe Jigsaw; Meneladani ketaatan malaikat; Hasil Belajar

  1. Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2013.
  2. Hajar, Ibnu. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999.
  3. Istaraani. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada, 2014.
  4. Muhammad. “Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Jigsaw Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa Tentang Materi Zakat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP Sulthan Bogor Tahun Ajaran 2015/2016,” 2015.
  5. Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.
  6. Rangkuti, Ahmad Nizar. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitafi, Kualitatif, PTK, Dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citaputaka Media, 2016.
  7. Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
  8. Susanti, Susi. “Peningkatan Prestasi Belajar Pai Meteri Beriman Kepada Malaikat Allah Menggunakan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII B Semester 2 SMP Negeri 3 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017,”

Open Access Copyright (c) 2020 Meli Sartika Harahap, Ahmad Nizar Rangkuti, Latifa Annum Dalimunthe
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Forum Paedagogik

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PADANGSIDIMPUAN

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733 e-mail: paedagogikftikiain@gmail.com

Link Jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP  

P-ISSN: 2086-1915 | E-ISSN 2721-8414

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats