Determinan Minat Membayar Zakat Melalui Mobile Banking Syariah

Ardiansyah Siregar (UIN Syahada Padangsidimpuan)
Budi Gautama Siregar (UIN Syahada Padangsidimpuan)
Nurul Izzah (UIN Syahada Padangsidimpuan)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel terikat yaitu minat masyarakat Kelurahan Sitamiang Baru untuk membayar zakat melalui aplikasi mobile banking berdasarkan variabel bebas persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan persepsi kepercayaan. Penelitian ini menggunakan teori yang membahas mobile banking, minat, zakat, persepsi kemudahan, persepsi kegunaan dan persepsi kepercayaan serta hubungan yang terdapat antara variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data utama atau primer. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 98 orang dan data dikumpulkan melalui sebaran angket. Data yang terkumpul diolah menggunakan aplikasi SPSS 25. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Penelitian ini memberikan hasil bahwa variabel persepi kemudahan dan variabel persepsi kegunaan tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat. Sedangkan variabel persepsi kepercayaan memiliki pengaruh secara parsial terhadap variabel terikat. Secara simultan, terdapat pengaruh antara ketiga variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini.

 Kata Kunci: Minat, Zakat, Mobile Banking, Persepsi

Full Text:

PDF

References


Agama, D. (2015). Al-Quran dan Terjemahan. Al-Hadi Media Kreasi.

Al-Mubarakfuri, S. S. (2017). Tafsir Ibnu Katsir, Penerjemah Abu Ihsan Al-Atsari. Pustaka Ibnu Katsir.

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Etta Mamang Sangadji, Sopiah,. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. CV Andi Offset.

Fitrah, I. (2021, April 28). Wawancara masyarakat Sitamiang Baru [Komunikasi pribadi].

Ikatan Bankir Indonesia. (2011). Mengenal Operasional Perbankan. PT. Gramedia Pustaka.

Lidya. (2021, April 29). Wawancara masyarakat Sitamiang Baru [Komunikasi pribadi].

M. Subana dan Sudrajat. (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Pustaka Setia.

Manullang, P. S., & Atika, J. (2020). Pengaruh Zakat terhadap Rasio Net Profit Margin (NPM) pada PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. 1(1), 19.

Napitupulu, R. M., Lubis, R. H., & Sapna, F. P. (2021). Perilaku Berzakat di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2).

Nugroho J. Setiadi. (2010). Setiadi, Perilaku Konsumen. Kencana.

Salsabilla, S., & Zuliestiana, D. A. (t.t.). ANALISIS MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING BANK BRI DI INDONESIA, DARI PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI RESIKO. 8.

Samsul. (2021, April 28). Wawancara masyarakat Sitamiang Baru [Komunikasi pribadi].

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Umrotul Khasana. (2010). Manajemen Zakat Modern. UIN-Maliki Press.

Wiji Nurastuti. (2011). Teknologi Perbankan. : Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i2.6176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129