Analisis Pelaksanaan Kegiatan Sosial Melalui Program Pangan untuk Kaum Duafa pada Pt. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan

Yulia Ariska (UIN Syahada Padangsidimpuan)
Nofinawati Nofinawati (UIN Syahada Padangsidimpuan)
Rodame Monitorir Napitupulu (UIN Syahada Padangsidimpuan)
Adek Safitri Nasution (UIN Syahada Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Meningkatnya angka kemiskinan dan sulitnya kaum fakir dan miskin mendapatkan pangan, membuat PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan bergerak untuk membantu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari program yang dibuat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah staf yang berhubungan dengan program sosial tersebut. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan perpanjangan waktu penelitian dan triangulasi. Hasil menunjukkan PT. Bank Mumalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan mengimplementasikan program ini dengan beberap tahapan. Tahap pertama melakukan pendataan siapa yang layak untuk menerima bantuan yang melibatkan pengurus masjid dan apparat pemerintahan setempat, Dana yang terkumpul disalurkan dalam bentuk bantuan berupa sembako seperti beras, minyak, gula, dan bahan pokok lainnya. Disamping bahan pokok, masyarakat penerima bantuan juga mendapatkan uang tunai. Diharapkan program ini dapat meringankan beban dan meminimalisir kemiskinan.

 

Kata Kunci: Analisis, Sosial, Program Pangan, Kaum Duafa


Full Text:

PDF

References


Adiwarman, A. K. (2017). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Andri, S. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Prenada Media Grup. Bank Muamalat, I. (n.d.). Profil Bank Muamalat. Retrieved May 21, 2021, from https://www.bankmuamalat.co.id/visi-misi Burhan, B. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Alfabetha. Damanhur, & Nurainah. (2016). Analisis Pengaruh Bantuan Zakat Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Aceh Utara. 5. Dwi, S. (2009). Kamus Lengkap Ekonomi Islam. Total Media. Eka, A., & Aliamin. (2018). Analisis Efesiensi Pengelolaan Dana Zakat Pada Baitul Mal Provinsi Aceh. Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada. Ismail. (2011). Perbankan Syariah (5th ed.). Prenada Media Grup. Juliansyah, N. (2014). Metodologi Penelitian. Kencana. Lexy J, M. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Linda, A. (2019). Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Zakat, Infaq Dan Shadaqah (ZIS) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahiq. Maranti, A. F. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN TINGKAT RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN BANK SYARIAH (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Selong). Al Birru: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 1(2). Muhtadi. (2020). Peranan Lembaga Karya Masyarakat Mandiri Dompet Dhuafa Dalam Pengelolaan Zakat Untuk Kemandirian Penerima Manfaat Program. Neneng, N., & Panji, A. (2017). Hukum Perbankan Syariah. Sinar Grafika. Quraish, S. (2011). Tafsir Al Misbah. Lentera Hati. Rizky, P. (2020). Program Pangan Untuk Duafa [Personal communication]. Salam, F. Y., & Rahmawati, R. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image Dan Media Communication Terhadap Minat Nasabah Memilih Bank Bri Syariah Kcp Cileungsi. Paradigma, 17(1), 38–58. Sidharta, R. B. F. I., Sari, N. L. A., & Suwandha, W. (2018). Purchase Intention pada Produk Bank Syariah Ditinjau dari Brand Awareness dan Brand Image dengan Trust sebagai Variabel Mediasi. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(3), 562–578. Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Alfabetha. Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Rineka Cipta. Veithzal, R., & Andria, P. V. (2008). Islamic Financial Management. Raja Grafindo Persada. Wirdyaningsih. (2007). Bank dan Asuransi Islam di Indonesia. Kencana Prenada Media. Zakiah, D. (1993). Zakat Pembersih Harta dan Jiwa. Yayasan Pendidikan Islam Ruhama.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i2.6173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129