Analisis Perkembangan Dana Unit Pengumpul Zakat dalam Mengurangi Ketimpangan Pendapatan dan Kemiskinan Masyarakat Angkola Selatan

Bosaruddin Harahap (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)
Nofinawati Nofinawati (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Azwar Hamid (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Angka kemiskinan dapat dikurangi dengan memanfaatkan pengelolaan dana zakat yang dilakukan oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Terkhusus di Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan dana zakat mengalami peningkatan, sehingga tingkat kemiskinan dapat berkurang dengan fenomena ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Dana Unit Pengumpul Zakat untuk meminimalisir ketimpagan pendapatan dan kemiskinan masyarakat di Kecamatan Angkola Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, editing data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan adanya perkembangan dana Unit Pengumpul Zakat Kecamatan Angkola Selatan adalah faktor sosialisasi dan faktor muzakki. Factor sosialisasi merupakan Unit Pengumpul Zakat langsung melakukan sosialisasi kepada muzakki agar dapat mengatasi ketimpangan pendapatan dan mengatasi kemiskinan, sementara faktor bertambahnya muzakki dapat meminimalisir kemiskinan di Kecamatan Angkola Selatan.

Kata Kunci: Perkembangan Dana Zakat, Unit Pengumpul Zakat, Zakat, Pendapatan, Kemiskinan


Full Text:

PDF

References


Andi Soemitra. 2017. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Depok: Prenada Media Group.

Aini Yulia. 2018. “Pengaruh Pendistribusian Zakat Terhadap Peningkatan KesejahtraanMustahik di Badan Amil Zakat Nasional Kota Padang. Skripsi, UIN Suska Riau.

Cucu Solihah. 2016. “Realisasi Tujuan Pengelolaan Zakat Berdasarkan Undang-Undang No.23 Tahun 2011 Melalui Program Zakat.” Devloment, 2018, 47 (3)

Departemen Agama. 2008. Departemen Agama RI Al-Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Damri Batubara. 2021. “Pengaruh Zakat dan Corporate Social Responsibility Terhadap Income Bank Umum Syariah di Indonesia Priode 2013-2018, Volume 2 (1)

Etti Eriani. 2020. “Penghimpunan dan Distribusi Dana Zakat Baznas Daerah,” Journal Of Islamic Social Finance Management, Volume 1 (1)

Mozer Kahf. 2010. Tanya Jawab Keuangan dan Bisnis Kontemporer dalam Tinjauan Syariah. Solo: PT. Aqwam Media Prifetika.

Nasution, Adnan Murrah. 2020. “‘Pengelolaan Zakat Di Indonesia,Journal Of Islamic Social Finance Management, Volume 1,(1).

Ngain Naini Nangimah. 2018. “Faktor-Faktor yang memengaruhi Muzakki dalam Membayar Zakat". Skripsi IAIN Metro.

Prihatni Admin. 2001. “‘Zakat dan Tata Cara Pelaksanaannya Menurut Hukum Islam,’ Jurnal Untar ac.id, Volume 9 (1)

Sjecrul Hadi. 1994. Permono, Sumber-Sumber Penggalian Zakat. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Siregar, Abdul Hakim. 2020. “Analisis Implementasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 109", Journal Of Islamic Social Finance Management, Volume 1 (1)

Wulandari Suci.2021. “Analisis Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Lahat". Skripsi IAIN Bengkulu.

Widi Napiardo. 2021. “Wahyu Nurhidayat, ‘Strategi Pendistribusian Zakat Produktif Perdagangan Pada BAZNAS KotaPadang Panjang,’ Jurnal Of Islamic Social Finance Management, Volume 2 (1)

Yusuf Qaradhawi. 2005. Yusuf Qaradhawi, Spektrum Zakat Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan, Jakarta: Zikrul Hakim.

Zakiyuddin. 2015. “Zakiyuddin, ‘Distribusi Zakat di Indonesia: Antara Sentralisasi dan Desentralisasi", Jurnal Wacana Hukum Islam dan kemanusiaan, Volume 15 (2)

Zuhri Safifuddin. 2012. " Zakat di Era Reformasi Tata Kelola Baru, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN walisongo.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129