Pengaruh Karakter dan Kondisi Ekonomi Nasabah terhadap Pembiayaan Bermasalah (Studi pada BMT Nurul Iman Madani Aek Nabara)

Rika Andriani (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Arbanur Rasyid (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Zulaika Matondang (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


 Para pengusaha kecil dan menengah dan calon debitur yang bergerak di bidang bisnis menjadi sasaran pembiayaan yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil. Perbedaan dalam sifat atau karakter dan kondisi ekonomi nasabah menjadi salah satu penyebab terjadinya kredit macet atau pembiayaan bermasalah, dan tidak sedikit dari nasabah tersebut lari dari tanggung jawab mengembalikan pinjaman yang telah diberikan. Karakter merupakan sifat yang berkaitan dengan kejiwaan, akhlak kepribadian seseorang, yang menjadi pembeda satu dengan yang lainnya. Sementara Kondisi ekonomi dapat diartikan sebagai kondisi seseorang dapat menghasilkan keuangan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan kebutuhan hidup lainnya, serta kemampuan untuk membayar pinjaman pembayaran. Non Performing Financing mengacu pada pembiayaan yang disebabkan oleh pelanggan tidak menempati waktu angsuran dan tidak memenuhi persyaratan kontrak. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel karakter dengan variabel pembiayaan bermasalah, sedangkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kondisi ekonomi dengan variabel pembiayaan bermasalah. Variabel karakter dan variabel kondisi ekonomi memiliki pengaruh yang simultan terhadap pembiayaan bermasalah.

Kata Kunci: Karakter, Kondisi Ekonomi, Pembiayaan Bermasalah


Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. (2004). Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Bumi Aksara.

Ahmad Hasan Ridwan. (2013). Manajemen Baitul Maal Wat Tamwil. CV. Pustaka Setia.

Basrowi dan Siti Juariyah. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi dan Tingkat Pendidikan Mayarakat. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol 7, No. 1.

Buchari Alma dan Donni Juni Priansa. (2016). Manajemen Bisnis Syariah. Alfabeta.

Edward W. Reed. (1995). Bank Umum. Bumi Aksara.

Fatturrahman Djamil. (2014). Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah di Bank Syariah. Sinar Grafika.

Ikatan Bankir Indonesia. (2013). Memahami Bisnis Bank. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ira. (2020). Hasil Wawancara.

Ira. (2021). Hasil Wawancara.

Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Penerbit Kartika Surabaya.

Krisna Sudjana dan Rizkison. (2020). Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Dalam Mewujudkan Ekonomi Syariah Yang Kompetitif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 6, No. 2.

Mahbub. (2016). Pengaruh Pembiayaan Mudharabah Terhadap Pendapatan BMT UGT Sidogiri Capem Songgon Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Hukum Islam , Ekonomi dan Bisnis, Vol 2, No. 2.

Mia Sapitri, Deden Sumpena, Dedi Herdiana. (2017). Peranan Baitul Maal Wat Tamwil Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, Vol 2, No. 2.

Nanik Eprianti. (2019). Penerapan Prinsip 5C Terhadap Tingkat Non Performing Financing (NPF). Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, Vol 3, No. 2.

Ni Putu Suwardani. (2020). Pendidikan Karakter. UNHI Press.

Nonie Afrianty, dkk. (2019). Lembaga Keuangan Syariah. Cv. Zigie Utama.

Novita Dewi Masyithoh. (2014). Analisis Normatif Undang-Undang No. 1 Tahun 2013 Tentang Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Atas Status Badan Hukum dan Pengawasan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam, Vol. 5, No. 2.

R.T. Yulianti, A. Bustami, N. Atiqoh, dan R. Anjellah. (2018). Studi Komparasi Penerapan Manajemen Risiko Produk Pembiayaan di Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Syarikah, Vol 4, No. 1.

Rusnani. (2013). Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Tingkat Keaktifan Anak Masuk Sekolah di SDN Pinggir Papas I Kec. Kalianget. Vol 3, No. 2.

Samrin. (2016). Pendidikan Karakter. Jurnal Al-Ta’dib, Vol 9, No. 1.

Soerjono Soekanto. (2001). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Press.

Sofyan Mustoip, dkk. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. CV. Jakad Publishing.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumar’in. (2018). Konsep Kelembagaan Bank Syariah. Graha Ilmu.

Supriadi dan Ismawati, “Implementasi Prinsip-Prinsip Perbankan Syariah Untuk Loyalitas Nasabah”, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, Vol 3, No. 1, April 2020, hlm. 44-45. (t.t.).

Syofian Siregar. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129