Strategi Bank Syariah Indonesia dalam Menarik Masyarakat untuk Membayar Zakat

Erni Nasution (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Darwis Harahap (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Muhammad Wandisyah R. Hutagalung (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Bank Syariah adalah suatu lembaga keuangan yang memiliki fungsi sebagai tempat menerima simpanan uang, menyalurkan pembiayaan dan juga jasa perbankan. Dalam pembayaran zakat, para nasabah Bank Syariah Indonesia Gunung Tua telah diberikan kemudahan. Zakat hukumnya wajib tiap-tiap muslim yang mempunyai harta benda menurut ketentuan yang telah ditetapkan hukum Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi Bank Syariah Indonesia dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualiatatif deksriptif, dan subjek dari penelitian ini merupakan pimpinan dan karyawan yang bekerja Bank Syariah Indonesia Gunung Tua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, teknik observasi subjek penelitian, dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat di Bank Syariah Indonesia Gunung Tua dengan menjelaskan apa saja keunggulan yang terdapat di dalam Bank Syariah Indonesia Gunung Tua, dan memberikan layanan yang layan bagi nasabah untuk transaksi dalam membayar zakat. Strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia dalam menarik masyarakat untuk membayar zakat adalah dengan menggunakan strategi marketing mix yakni product, promotion, people, place.

 

Kata Kunci: Strategi, Membayar Zakat, Perbankan Syariah


Full Text:

PDF

References


Abdul Hakim. (2021). Amil Zakat. Katalog Dalam Terbitan: Hikma Pustaka.

Amsal, Fatahuddin, Idris, dan Ferri Alfadri. (2020). Motivation Of Non - Muslim To Become Customers at PT. Bank Syariah MAndiri KC. Sibolga. Journal Sharia Of Banking, 84.

Dedy Mulyani . (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.Gus Arifi. (1432). Zakat, Infak, Sedekah. Bintaro: Tangerang Selatan, Rajab .

Gus Arifi. 1432. Zakat, Infak, Sedekah. Bintaro: Tangerang Selatan, Rajab .

Hasanah Siregar, Darwis Harahap, Abdul Nasser Hasibuan, Nofinawati. 2020. The effect of probility ration on financial distress in islamic commercial banks in indonesia. journal sharia of banking , 2.

Juliansyah Noon. 2014. Metodologi Penelitian. jakarta: Kencana.

Khairul Umam. 2013. Manajemen Perbankan Syariah. Bandung: Pustaka Setia.

Mandani Fiqih . 2013. Fiqih Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana.

Muhammad. 2008. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Rajawali Pers: 2008.

Noor Julianisyah. 2011. Metodelogi Penelitian . Jakarta: Kencana.

Noni Afrianti dan Desi Isnaini. 2019. Lembaga Keuangan Syariah. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Rahmad Hakim. 2020. Manajemen Zakat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Riska, Azwar Hamid, Ihdi Aini, Sulaiman. 2021. Effect of results and inflation on third party funds in sharia commercial banks and sharia business units influence of results and inflation on third party funds in sharia commercial bank and sharia businnes units. journal of sharia banking, 84.

Rosdiyah, Abdul Nasser Hasibuan, Azwar Hamid, Zulaika Matondang. 2020. Strategy Of Market Segmentation, Targeting, and Positioning In Increasing The Number Of Customers At PT. bank Muamalat Indonesia Tbk KCP Panyabungan. Journal Sharia Of Banking, 69.

Shiddieqie dan Hasbi. 2015. Pedoman Zakat. Semarang: Pustaka .

Senja Nila. 2014. Manajemen Strategi itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas.

Siti Ratna Sari, Darwis Harahap, Azwar Hamid, Rahmad Annam. 2020. Coparative Analysis Of Risk and Return In PT. Bank Syariah Before and After Spin Off. Journal Sharia Of Banking, 40.

Sony Santoso dan Rinto Agustina. 2013. Zakat Sebagai Ketahanan Nasiona. Jakarta: Grup CV Budi Utama.

Sugiyono . 2012 . Metode Penelitian Bisnis . Bandung : Alpabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Peneletian Pendidikan, Pendekatan kualitatif, Kuantitatif R Dan D . Bandung: Alfabeta.

Widi Nopiardo. 2017. Perkembangan Fatwa MUI Tentang Masalah Zakat. Jurnal Ilmiah Syari’ah, 100.

Yennita Sari, Nofinawati, Sarmiana Batubara, Ferri Alfadri. 2020. The Effect Of profitability Ratios On financial distress in Islamic commercial Banks in Indonesia. Journal Sharia Of Banking, 14.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129