Digital Fundraising Ziswaf Di Era Pandemi Covid-19 Pada Lembaga Yatim Mandiri Kudus

Ninik Matus Syovi’ah ()
M. Nurul Qomar ()

Abstract


Virus corona sudah berlangsung selama 1,5 tahun di Indonesia hingga saat ini. Penyebab virus corona dapat berdampak bagi kehidupan perekonomian masyarakat terutama pada masyarakat menengah ke bawah. Bagi lembaga ZISWAF virus corona ini berdampak terhadap penghimpunan ZISWAF. Oleh sebab itu pandemi berlangsung lembaga ZISWAF harus melakukan inovasi dalam penghimpunan zakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital fundrasing serta hambatan dalam melakukan strategi digital fundrasing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara dan metode observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan proses meneliti dan menyusun secara runtut sejumlah data yang telah diperoleh peneliti dari data lapangan melalui metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa strategi digital fundraising  memudahkan para muzakki dalam melakukan kewajibannya.  Kendala utama masyarakat kurang pemahaman tentang Yatim Mandiri, kurang antusias, kurang respon sehingga tantangan strategi digital fundrasing adalah memberikan pemahaman mengenai pengumpulan dana ZISWAF di Yatim Mandiri.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Gus. Keutamaan Zakat, Infak, Sedekah. jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2016.

Indonesia, Pemerintah Republik. 2014. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nombor 14 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat.” Republik Indonesia 1: 1–52. http://sipuu.setkab.go.id.

Kasdi, Abdurrohman. Fiqih Wakaf. yogyakarta: idea press, 2017.

Kasdi, Abdurrohman. 2016. “Pergeseran Makna Dan Pemberdayaan Wakaf (Dari Konsumtif Ke Produktif).” Jurnal Zakat Dan Wakaf 3 (1): 1–17.

Kinanti, Risma Ayu, Safarinda Imani, Mauizhotul Hasanah, and Khalwat Asyaria. 2021. “Optimalisasi Fundraising Zakat Pada Kerjasama Institusional Indonesia Melalui E-Commerce.” Filantropi: Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf 2 (1): 20–37. http://ejournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/filantropi/article/view/3290.

Mandiri, Majalah Yatim. 2021. “Sucikan Diri , Jaga Dari Pandemi.”

Nurhidayat, Nurhidayat. 2020. “Strategi Fundraising Zakat Pasca Pandemi Covid-19.” SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 7 (8): 737–48. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i8.16553.

Pastore, Serena. “Developing mobile educational apps: development strategies, tools and business models.” Advances in Computer Science: an International Journal 3, no. 1 (2014): 27–36.

Pemberdayaan, Dalam, and Anak Yatim. 2015. “Referensi PENDAYAGUNAAN ZAKAT INFAQ DAN ṢADAQAH (ZIS).Pdf.”

Pini Novia Dewi, -. 2020. “Strategi Fundraising Zakat, Infaq, Dan Shodaqoh (Zis) Di Baznas Kabupaten Indragiri Hulu.”

Rafiqi, Iqbal. 2019. “Strategi Fundraising Zakat Infaq Shadaqah Di Laziznu Dan Lazizmu Kabupaten Pamekasan.” Αγαη 8 (5): 55.

Rohim, Ade Nur. 2019. “Optimalisasi Penghimpunan Zakat Melalui Digital Fundraising.” Al-Balagh : Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 4 (1): 59. https://doi.org/10.22515/balagh.v4i1.1556.

Swarna, Indra, James Purnama, dan Randy Anthony. “Cross-Platform Analysis and Development of Online Catering Platform (Kunyahku).” Journal of Applied Information, Communication and Technology 7, no. 2 (2021): 79–89. https://doi.org/10.33555/jaict.v7i2.106.

Wulandari, Windika. 2020. “Peran Teknologi Digital Dalam Fundraising Zakat, Infak, Dan Sedekah (Zis) Pada Laznas Mizan Amanah Ulujami Jakarta Selatan” 53 (9): 1689–99.

Yasin Yusuf, Rizka. 2018. “Strategi Fundraising Di LAZNAS Dompet Dhuafa Jawa Tengah.” Skripsi, 20.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v3i1.5143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuani 

Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


jisfimcontact@gmail.com

jisfim@iain-padangsidimpuan.ac.id
+6281262170129