Tingkat Kesadaran Generasi Milenial Bersedekah melalui Kitabisa.com

Venny Alfayani, Darwis Harahap, Rodame Monitorir Napitupulu

Abstract


ABSTRACT

 

Based on a study conducted by IPSOS, it is said that one of the characteristics of millennials is that they care less about others. Millennials are described as only taking opportunities that benefit themselves. Tirto, a news and infographic site also conducted research aimed at knowing millennial habits in giving alms and revealing millennial views on the use of alms technology through Kitabisa.com. The type of research that the author does is quantitative research using primary and secondary data. Data collection techniques used are questionnaires and documentation. Sampling in this study using incidental sampling technique with a number of 93 people determined by using the Yamane Taro formula. The data analysis method used is the classical assumption test, the coefficient of determination test, multiple linear regression, and hypothesis testing. The results show that partially there is no influence of knowledge on the level of awareness of the millennial generation in giving alms through Kitabisa.com, while attitudes and actions have an influence. Meanwhile, the three of them simultaneously have an influence on the awareness level of the millennial generation through Kitabisa.com.

Keywords : Awareness, Millennial, Kitabisa.com

ABSTRAK

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Ipsos, dikatakan bahwa salah satu karakteristik milenial adalah kurang peduli terhadap sesama. Generasi milenial digambarkan hanya mengambil kesempatan yang menguntungkan dirinya. Tirto, sebuah situs berita dan infografik juga melakukan riset yang bertujuan untuk mengetahui kebiasaan milenial dalam bersedekah dan mengungkap pandangan milenial terhadap pemanfaatan teknologi bersedekah melalui Kitabisa.com. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling dengan jumlah 93 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Yamane Taro. Metode analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji regresilinier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh pengetahuan terhadap tingkat kesadaran generasi milenial bersedekah melalui Kitabisa.com, sedangkan sikap dan tindakan memiliki pengaruh. Sementara itu, secara simultan ketiganya memiliki pengaruh terhadap tingkat kesadaran generasi milenial bersedekah melalui Kitabisa.com.

Kata Kunci:  Kesadaran, Milenial, Kitabisa.com 


Full Text:

PDF

References


Amos neolaka. Kesadaran Lingkungan, Jakarta: Scygma Creative media Group, 2017.

Abdurrahman Misnoa. Menggenggam Nusantara Raya Pasca Covid-19 Resesi Ekonomi Atau Kebangkitan? Jakarta: Gramedia Pustaka, 2020.Augasta Eka Rasa Putra. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Membangun Kesadaran Bersedekah (Studi Deskriptif Organisasi Sedekah Rombongan).” Skripsi, Universitas Islam Indonesia, 2018

Beni Witjaksono. Fundraising Wakaf Uang Melalui Perbankan Syariah. Jakarta: Loka Media. 2020.

Darul Qdni, Pembinaan Kesadaram Masyarakat Mengeluarkan Zakat Pada Masyarakat Penambang Emas, Skripsi, 2016.

Destiana Rahmawati. Milennials And I Generation Life. Jakarta: Laksana,

Dewi Rahmawati. “Digitalw Altruism : Strategi Kepercayaan Pendonasi Kitabisa.Com Dalam Membangun Solidaritas Sosial.” Jurnal Kajian Media 4, no. 2 (June 2020): 22–39.

Dinda Purnamasari. “Generasi Milenial Suka Memberi Sumbangan.” Gaya Hidup. Generasi Milenial Suka Memberi Sumbangan (blog), June 5, 2018. https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/generasi-milenial-suka-memberi-sumbangan-cLHu.

Firdaus. “Sedekah Dalam Perspektif Al-Quran (Studi Tinjauan Tafsir Maudhu’i).” Ash-Shahabah Jurnal Pendidikan Studi Islam 3, no. 1 (2017).

Nadhira Afdalia, Theory Of Planned Behavior dan Readiness For Change Dalam Memprediksi Niat Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010, Jurnal Jaai Vol. 18 No. 2, Desember 2014.Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Alfabeta, 2014.

Robert L. Solso, OTTO h. MACLIN. Cognitive Psychologu Terj. Mikael Rehardanto dan Kristianto Batuadji, Jakarta: Erlangga. 2007.

Steven J. Staein And Book Howard E. Ledakan EQ-15. Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Terj. Trinanda Rainy Januarsari dan Yudhi Martanto. Bandung, 2003.




DOI: https://doi.org/10.24952/jisfim.v2i2.5019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan Jl. H. T. Rizal Nurdin Km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan.


contactjisfim@gmail.com
+6281262170129