Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di Desa Ujunggurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Arifin Hidayat Hidayat (IAIN Padangsidimpuan)

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh gadget terhadap perkembangan emosi anak usia dini, dari pembahasan tersebut ternyata penggunaan gadget terhadap anak usia banyak berdampak negative untuk perkembangan emosional dan sosial anak, yaitu terganggunya mental, emosi yang tidak stabil, hubungan emosional antara orangtua danhubungan sosial anak akan terhambat. Gadget yang merupakan wujud nyata dari teknologi baru yang berisi aneka aplikasi dan program yang menyenangkan seolah-olah telah menjadi sahabat bagi anak, bahkan bisa menyihir anak-anak untuk duduk manis berjam-jam dengan bermain gadget. Untuk meningkatkan dan memaksimalkan seluruh aspek perkembangan anak terutama aspek sosial emosional, perlu peran orangtua dirumah dengan membatasi anak usia dini dalam menggunakan gadget dan melibatkan mereka dalam interaksi dengan lingkungan sehari-hari, agar anak-anak memiliki kemampuan untuk bekerjasama, beradaptasi, berinteraksi secara positif, mampu mengendalikan emosi diri, mengembangkan rasa empati terhadap orang lain adalah modalnya sebagai makluk sosial. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan instrumen wawancara, observasi. Hasil penelitiannya anak usia dini  yang  menggunakan  gadget bereaksi marah dan dan menangis saat gadget  diminta  orang tua. Penggunaan   gadget   yang berlebihan  akan  berdampak  buruk  bagi  anak.  Anak yang  menghabiskan  waktunya  dengan  gadget  akan lebih emosional dan lebih mudah memberontak akibat kecanduan   terhadap   gadget, bahkan  lebih  mengkhawatirkan lagi, jika mereka sudah tidak memperdulikan orang disekitarnya. Dampak negatif karena berlebihan dalam penggunaan gadget pada   perkembangan   anak   yang   membuat   anak menjadi  ketagihan  atau  kecanduan.  Di  antaranya : Menjadi pribadi tertutup, Kesehatan otak terganggu, Kesehatan     mata  terganggu, Kesehatan  tangan  terganggu, Gangguan  tidur, Suka menyendir, Perilaku kekerasan, Pudarnya kreativitas, danTerpapar radiasi.

Kata kunci : Gadget, Perkembangan Emosional. Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Jarot Wijanarko, “Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital” Jakarta Selatan: Keluarga Indonesia Bahagia, 2016.

Mulyasa, “Manajemen PAUD” ,Bandung : PT Remaja Rosdakarya offset, 2014.

Murni, “Perkembangan Fisik, Kognitif, dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun” ,Aceh : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, No. 1, Vol. 3 Januari-Juni. 2017.

Rosleny Marlina, “Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja” , Bandung : CV Pustaka Setia, 2016.

Atien Nur Chamidah, Deteksi Dini Gangguan Pertumbuhan dan Perkebangan Anak, Jurnal Pendidikan Khusus, (Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNY), No. 2, Vol. 5 November 2009, h. 83.

Wawancara pribadi dengan orangtua HA 18 Desember 2022.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2011.

Agoeng Noegoroho, “Teknologi Komunikasi”, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Harfiyanto, Doni, dkk.” Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA Negeri 1 Semarang”. Semarang: Universitas Negeri Semarang. 2015.

Isjoni, “Model Pembelajaran dan Anak usia Dini”, Bandung : Alfabeta, 2009.

Hadari Nawawi, “Metodologi Penelitian Bidang Sosial” Yogyakarta: Gaja Mada University Press, 1998.

Winarno Suharman, “Dasar Metode Teknik Penelitian” Bandung: Tarsito, 1985.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i2.6534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats