Tujuan Belajar dan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Syafrianto Tambunan (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Dewasa ini, dinamisasi zaman melahirkan banyak cobaan bagi kaum akademisi, terkhusus pada mahasiswa yang berada di program studi Bimbingan Konseling Islam UIN  Syekh Ali Hasan Ahmad Addary  Padangsidimpuan. Proses siklus pengetahuan seakan menjadi terhambat karena beberapa alasan, diantaranya teknologi, lingkungan, teman sepergaulan, dan lain-lain. Hambatan-hambatan tersebut melahirkan sikap skeptis/ragu-ragu, tidak yakin pada potensi dan kualitas diri sendiri sehingga motivasi belajar semakin menurun.

          Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa langkah: Pertama tahap orientasi, penulis mengumpulkan data secara umum baik itu aktivitas perkuliahan Kedua tahap eksplorasi, penulis mengeksplor motivasi belajar mahasiswa, Ketiga studi terfokus, penulis melakukan pelacakan secara mendalam yang terfokus dengan tujuan belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar.

          Hasil penelitian menghasilkan bahwa arah tujuan  belajar mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary  Padangsidimpuan lebih kepada orientasi tujuan kinerja tidak pada orientasi tujuan penguasaan, dimana menurut observasi penulis bahwa mahasiswa BKI memiliki keinginan yang kuat untuk mendapatkan nilai tinggi tanpa memperdulikan penguasaan materi kuliah. Adapun peran bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu dari sumber utama efikasi diri seperti Mastery Experiences, Vicarious Experiences/Modelling, Persuasi Sosial, Fisiologis dan Emosional. Berdasarkan data penulis disebutkan bahwa arti pentingnya konseling belajar akan menjadi modal awal untuk menyelesaikan problem solving dari setiap klien/konseli.

Kata Kunci: Tujuan Belajar, Efikasi Diri, Motivasi/Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Albert Bandura, Self Efficacy in Changing Societies, New York, Cambridge University Press. 1995.

Arslan Ali.. Predictive Power of the Sources of Primary School Students’
Self Efficacy Beliefs on Their Self Efficacy Beliefs for Learning andPerformance. Turkey : Bulent Ecevit University 2012.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta 2010

Dale H. Schunk, Learning Theories, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Feni Sukmawati, Suarni, Ndara Tanggu renda, ”Hubungan antara Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa”, Jurnal Univeristas Pendidikan Ganesha Singaraja Tahun 2013.

Miftahun Ni’mah Suseno, “Pengaruh Pelatihan Komunikasi Interpersonal Terhadap Efikasi Diri Sebagai Pelatih Pada Mahasiswa” Yogyakarta: Ash-shaff 2012.

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandubng: PT Rosdakarya, 2003.

Prayitno & Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999.

Yulia Humeira, Kefektifan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Efikasi Diri dalam Belajar, Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta: 2014.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i2.6487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats