Peran Mursyid dalam Meningkatkan Ibadah Lansia

Darwin Harahap (IAIN Padangsidimpuan)

Abstract


Sikap keagamaan lansia mangalami penurunan menjelang usia senjanya. Proses penurunan fisik ini ikut memberi pengaruh  dalam perkembangan psikis, khususnya yang terkait dengan aspek spritualitas, dalam hal ini banyak diantara mereka mencari jalan untuk ketentraman hidup, kesenangan batin dan kebahagiaan diri sehingga mereka mecari tempat pondok parsulukan. Bimbingan seorang guru dianggap sebagai syarat mutlak bagi keberhasilan pengembangan spiritual. Seorang Mursyid (pembimbing) adalah seorang muslim akil dan balig memiliki pemahaman tentang agama Islam dan ilmu yang berkaitan dengan pensucian jiwa dianggap cocok memberikan bimbingan agar lansia bisa beribadah dengan khusuk. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dipadukan dengan fenomenologi, penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil temuan yang didapatkan di lapangan adalah seorang mursyid dapat membimbing para lansia dengan baik dan mampu meningkatkan ibadah lansia seperti shalat fardu, sunnah, puasa dan mengaji dengan menggunakan bimbingan indivu dan kelompok.


Full Text:

PDF

References


Alhimin Fahma And Mohammad Darwis, “Eksistensi Para Gus Di Instagram: Visual Semiotika Sebagai Dakwah Baru Di Era Digital,” Dakwatuna Volume 6, Nomor 2 (2020): 139.

Aliah B Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islam Menyingkap Rentang Kehidupan dari Prakelahiran Hingga Pascakematian, (Jakarta: Raja Grafindo Parsada, 2008), hlm. 117.

Charles H Zastrow, Introduction To Social Work And Social Welfare (Usa: Brooks/Colethomson Learning, 2004), 180–181.

Dapartemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahan, (Bandung: CV Diponegoro, 2010), hlm. 523.

Diane E. Papalia dkk, Human Develoment Perkembangan Manusia, Penerjemah: Brian Marswendy, (Jakarta: Salemba Humanika, 2009), hlm. 336

Elizabeth B. Hurlock, Psikologi Perkembagan, penerjemah: Istiwidayanti Soedjarwo, (Jakarta: Erlangga, 1980), hlm. 380.

H Muzakkir, “Tasawuf dalam Kehidupan Kontemporari: Perjalanan Neo-Sufisme,” Jurnal Ushuluddin Vol. 26, no. 1 (2007): h. 65.

H. Jalaluddin, Psikologi Agama, Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi (Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2016), h. 100.

Jenanette Murad Lesmana, Dasar-Dasar Konseling, (Jakarta: UI Press, 2005), hlm. 195.

Khoirul Abror, Fiqh Ibadah, (Yogyakarta: Arjasa Pratama Bandar Lampung, 2019), hlm. 1.

M. Amin Akkas dan Hasan M. Noer, Kehampaan Spiritual Masyarakat Modern: Respond an Transformasi Nilai-nilai Islam Menuju Masyarakat Madani (Jakarta: Mediacita, 2000), h. 136.

Moh Muafi Bin Thohir And Syamsul Hadi, “Implementasi Kominikasi Organisasi Dalam Kegiatan Dakwah Untuk Memperbaiki Diri Narapidana Di Lembaga Permasyarakatan Kelas Iib,” Dakwatuna Volume 6, Nomor 2 (2020): 68–70.

Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islami, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006), hlm.117.

Safrilsyah, Psikologi Ibadah dalam Islam, (Banda Aceh: Naskah Aceh dan Ar-Raniry Perss, 2013), hlm. 4.

Siti Naimah dan Prawidya Lestari, “Korelasi Antara Hasil Belajar Kitab Safinatunnajah Dengan Pelaksanaan Ibadah Mahdah Sholat Santri Kelas Ii Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadi’in Desa Gowong Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo” Jurnal Kajian Islam dan Studi Islam,Volume.3. No.12020 (https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/162/93 di Akses Tanggal 11 Juni 2021 pukul 21:12 WIB).

Supriadi, “Lanjut Usia dan Permasalahannya”, dalam Jurnal dalam PPKn dan Hukum, Volume 10. No. 2, Oktober 2015, hlm. 86.

Tohirin, Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Berbasis Integrasi dan Kompetensi) Sumbangan Psikologi Pembelajaran Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Parsada, 2011), hlm. 45.

W.J.S. Poerwardaminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1971), hlm. 655.

Widyanto Triatmojo, “Implementasi Bimbingan Dan Konseling Islam (Studi Meningkatkan Nilai-Nilai Spiritual Pada Remaja Pacaran),” Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam Vol 3 No 1 (2021).




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i1.6002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats