Analysis of The Psychological Impact on The High Intensity of Watching Korean Dramas on Responsibilities As A Student

Elsa Ananta Subagja (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia)
Wahyunengsih Wahyunengsih (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia)
Kurnia Farhanah (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia)

Abstract


Demam Korea (Korean wave) saat ini telah memasuki negeri Indonesia. Hal itu diakibatkan penyebaran dan pengaruh budaya Korea di Indonesia terutama dari Drama Korea yang muncul di tahun 2002 yang banyak digemari oleh remaja. Dari menonton drama korea, penonton banyak mengetahui tentang budaya ataupun trend fashion di negara tersebut. Selain itu, menonton drama ini pun cukup menyita waktu karena pasalnya drama ini rata-rata memiliki 14 sampai 16 episode di setiap judulnya sehingga dapat mengakibatkan kelalaian terhadap aktivitas lainnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tanggung jawab sebagai mahasiswa dengan intensitas tinggi menonton drama Korea. Objek penelitian ini adalah mahasiswa tiap semester di universitas Islam negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Penilaian penelitian ini terbagi menjadi 4 kategori yaitu, sangat tidak setuju, tidak setuju, setuju, sangat setuju. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara tanggung jawab sebagai mahasiswa dengan intensitas tinggi menonton drama Korea.


Keywords


dampak psikologis, intensitas menonton, tanggung jawab

Full Text:

PDF

References


Laily & Diany. (2021). "Hubungan antara Intensitas Menonton Drama Korea dengan Suasana Hati Mahasiswa". Mediator: Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Lutfi, A., Marina, D., &Neka, E. (2016). Jurnal Program Studi Psikologi Ekopsi. Kalimantan Selatan: Banjarbaru

Angelicha tabitha., "dampak kegemaran menonton tayangan drama Korea terhadap perilaku remaja" mediator: jurnal pendidikan psikologi. (2020)

Nurisa, D, G. (2011). "Intensitas Menonton Korean Drama Dan Gaya Fashion Remaja Putri Di Surakarta". Mediator: universitas sebelas Maret

Ryan Syamsul. (2020). Jurnal studi bimbingan konseling Islam. Institut agama Islam negeri parepare

Asheriyanti, T, P. (2019). "Pengaruh tayangan K-drama (Korea drama) terhadap perubahan perilaku mahasiswi universitas Islam negeri Alauddin Makasar". Mediator: universitas Islam negeri Alauddin Makassar

Angelicha, T. (2020). Dampak Kegemaran Menonton Tayangan Drama Korea Terhadap Perilaku Remaja.EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 154-159.

Diva, A, T, & Niken, F, E. (2020). Preferensi menonton drama Korea pada remaja. Jurnal pustaka komunikasi

Zakiah, Kiki, et al. "Menjadi Korean di Indonesia: Mekanisme Perubahan Budaya Indonesia-Korea." Mediator: Jurnal Komunikasi 12.1 (2019): 90-101

Istanti, N. A. (2019). The Intensity Of Watch Korean Drama And College Student Happiness. Jurnal Mahasiswa Psikologi, 1

Taylor, S., Plau, L., & Sears, D. (2009). Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana

Azjen, I. (2005). Attitude, Personality, & Behavior. Open University Press.

Abidin, Z. (2019). Hubungan Antara Tayangan K-Drama di Televisi dengan Perilaku pada Anak Remaja dalam Mengimitasi Korean Fashion. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi IAIN Purwokerto.

Putri, D. (2013). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Televisi dan Motif Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Televisi dengan Perilaku Berpakaian Remaja. Interaksi Online.

Ananda, Ghita. K. D. (2013). Hubungan Intensitas Menonton Tayangan Drama Seri Korea di Televisi Terhadap Model Rambut di Kalangan Remaja. Interaksi Online.

Baiti, L, N & Syafitri, D, U. (2021). Hubungan Antara Intensitas Menonton Drama Korea dengan Suasana Hati Mahasiswa. PSISULA: Prosiding Berakala Psikologi.

Yohanna, D, P. (2019). Hubungan Intensitas Menonton Drama Korea dengan Perilaku Modeling pada Remaja Putri. Medan Area University Repository.

Ginari, N, D. (2012). Intensitas Menonton Korean Drama dan Fashion Remaja Putri di Surakarta. Jurnal UNS.

Abdiati, L, F & Ayu, S, M. (2020). Hubungan Antara Intensitas Menonton Drama Korea dengan Perilaku Seks Pranikah Mahasiswi di Universitas X Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan.

Nurrahmadani, ett all. (2020). Pengaruh Drama Korea terhadap Fashion Mahasiswa Universitas Al-Asyariah Mandar. MITZAL: Jurnal Imu Pemeritahan & Ilmu Komunikasi Universitas Al-Asyariah Mandar.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i2.5455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats