Social Group Works dan Pemberdayaan: Bimbingan Mantan Buruh Migran Melalui Program DESBUMI Di Desa Darek Kabupaten Lombok Tengah

Rohimi Rohimi (UIN sunan kalijaga yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Buruh migran memang kerap menjadi sorotan dan kajian yang banyak diteliti dalam berbagai aspek. Namun dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk meneliti buruh migran dari segi pendampingan dan pemberdayaannya setelah kembali ke kampung halamannya dengan pendekatan program desa peduli buruh migran (DESBUMI) di Desa Darek Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan yakni kualitatif (penelitian lapangan) dengan metode pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti memperoleh data melalui dua sumber yakni pengelola program DESBUMI di desa darek dan mantan buruh migran yang ada di desa darek. Hasil dan pembahasan yakni Mantan buruh migran juga dapat melakukan kegiatan pelatihan selama satu kali sebulan dan mengeluarkan iuran kelompok untuk mengaktifkan kelompok dan anggota kelompok latansa terdiri dari mantan buruh migran dan keluarga buruh migran yang bergerak dalam melakukan kegiatan kelompok di desa. Kegiatan rutin dari kelompok latansa yakni melakukan arisan Usaha Simpan Pinjam (USP), pelatihan keterampilan atau softskill di kantor desa dan merepresentasikan apa yang didapatkan di dalam pelatihan seperti mereka menjahit, menenun dan membuat jajan.

 


Keywords


Bimbingan, Pemberdayaan, Buruh Migran Dan Program DESBUMI

Full Text:

PDF

References


Ana, Aliqol, Mungin Eddy Wibowo, dan Wagimin. “Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Harapan Hasil (Outcome Expectations) Karir Siswa.” JUBK 6 (1) (2017).

Fauzan, Angga. “Pengembangan ekonomi kreatif lokal desa tumang dengan pendekatan komunitas visual untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).” prosiding seminar nasional INDOCOMPAC 2-3 Mei Universitas Bakrie Jakarta, 2016.

Hariwoerjanto, Kasni. Metode bimbingan sosial kelompok (social group work). Bandung: Balai pendidikan dan latihan tenaga sosial, 2006.

Hidayah, Anis, dan Fitri Lestari, dkk. Migrant care perhimpunan buruh migran yang berdaulat. Jakarta: Migrant care, 2018.

Hidayah, Anis, dan Wahyu Susilo. Membangun Desa Peduli Buruh Migran, Migrant Care Jakarta. Jakarta: Migrant Care, 2016.

Huda, Miftachul. Pekerjaan sosial dan kesejahtraan sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Nalara Mandalika, Baiq Ihtiar. Strategi Pemberdayaan Mantan Buruh Migrant Wanita Studi Kasus Di Perkumpulan Panca Karsa (PKK) Kota Mataram. Skripsi UIN Mataram Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2018.

Nur Fahmi, Nasrina. “Layanan konseling kelompok dalam meningkatkan rasa percaya diri.” Jurnal Hisbah, Vol. 13, No. 1 (Desember 2016).

Purwanto, Ngalim. Psikologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakrya, 2003.

Retno Wulan, Tyas, Dalhar Shodiq, dan Wita Ramadhanti dkk. “Perlindungan buruh migran dari hulu ke hilir melalui program desa peduli buruh migran (DESBUMI): Studi di desa kuripan wonosobo jawa tengah dan desa nyerot lombok tengah Nusa tenggara Barat.” Sodality: jurnal sosiologi pedesaan Volume 5, No. 2 (agustus 2017).

Rozaki, dkk, Abdur. Policy papar mengembangkan model pendampingan desa asimetris di Indonesia. Jakarta: Institute for research and empowerment (IRE), 2016.

Sabhana Azmy, Ana. Negara dan buruh migran perempuan. Jakarta: Obor Indonesia, 2012.

Sardiman. interaksi dan motivasi. Jakarta: Raja Grapindo Presada, 2001.

Setiani, Fani, dan Rasto. “Mengembangkan softskill siswa melalui proses pembelajaran.” Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Vol. 1 No. 1, no. Agustsus (2016).

Setyoningsih, Endang, Dra Fitriah, dan Hermini. “Migrant Care dalam membantu TKI bermasalah di arab saudi pada tahun 2009 dan 2010.” Jurnal Ilmu Pemerintahan Undip Volume 2 Nomor 1 (2013).

Suharto, Edi. membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Bandung: Refika Aditama, 2009.

———. Pekerjaan sosial di dunia industri. Bandung: Alfabeta, 2009.

Usman Nataji, Muhammad. Ilmu jiwa didalam Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Azza, 2005.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v4i1.4977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats