Bimbingan Religi dalam Institusi Keagamaan (di Desa Ciherang, Nagreg, Bandung)

Sugandi Miharja (UIN Sunan Gunung DJati Bandung, Indonesia)

Abstract


Bimbingan religi adalah kebutuhan setiap umat beragama. Program ini mewujud dalam insitusi keagaman berupa masjid, madrasah. Rangkaian kegiatan program ini dapat membentuk sifat, pemahaman dan pengamalan keberagaamaan. Kehadiran pembimbing religi adalah instrumen kuat dalam menciptakan suasana ke arah itu.

Penelitian ditujukan kepada pengungkapan bimbingan religi dalam institusi pondok madrasah. Secara terinci diajukan tiga masalah. Pertama, bagaimana kendala-kendala dalam bimbingan religi? Kedua, bagaimana respons masyarakat atas bimbingan religi? Ketiga, bagaimana kendala-kendala dan solusi pendampingan bimbingan religi dalam tinjauan institusi keagamaan.

Penelitian termasuk studi kasus, sehingga ada komparasi secara strategis maupun proses yang heuristic. Pendekatannya melibatkan aspek budaya, konteks, ruang, dan tempat, dalam tiga sumbu komparasi horizontal, vertikal, dan transversal. Studi kasus ini digerakkan oleh variable institusi komunitas, tepatnya institusi keagamaan, akan beririsan dengan pandangan makro, meso, dan mikro. Data penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berupa kata-kata dan perilaku yang alamiah dalam prosesnya. Sumber data didapat langsung dari lapangan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat sejumlah masalah dalam bimbingan religi dalam penghargaan kepada pembimbing, keterbatasan buku dan sarana, serta konsistensi minat mengikuti program madrasah. Adapun respons masyarakat pada program bimbingan tergolong tinggi yang dibuktikan dengan jumlah anak usia sekolah ikut program ini mencapai 99%, orangtua ikut mengantar anak selama bimbingan religi dan pemerintah desa ikut mendorong dengan adanya insentif dan aneka lomba keagamaan. Solusi masalah-masalah bimbingan melalui pendampingan adalah dengan penyertaan dan desiminasi teknologi bimbingan.


Keywords


Kata kunci: Bimbingan religi. Institusi keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar (2011). Supervisi Pendidikan Agama Islam (Pembinaan Guru Agama Madrasah. Ejournal.uin suska. Vol 8 (1)

Agus Afandi, dkk. (2013). Dasar-dasar Pengembangan Masyaraat Islam. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press

Agus Salim. (2002). Perubahan Sosial Sketsa Teori Dan Refelsi Metodologi Akasus Indonesia. Yogyakarta: PT Tiara Wacana

Ahmad Fatah Yasin. (2011). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Kasus Di MIN Malang). El-Qudwah. Vol 4 (1).

Amin, Headri.(2006). Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka.

Ariep Hidayat, Maemunah Sa'diyah, Santi Lisnawati. (2020). Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif pada Madrasah Diniyah Takmiliyah di Kota Bogor. Edukasi islami. Vol 9 (1)

Arif Rahman (2019). Pendidikan Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. Surabaya: Komojoyo Press.

Bambang Subahri, dan M. Iqbalul Fajri. (2019). Seni Musik Religius Sebagai Media Konseling Islam dalam Meningkatkan Akhlak Remaja. Al-Thiqah Vol 2 (1)

Christopher Dureau. (2013). Pembaru dan kekuatan local untuk pembangunan. Australian Community Depelopment And Civil Society Strengthening Scheme (ACCESS).

Djamaludin Ancok, & Suroso, Fuad Nashori. (2011). Psikologi Islami: Solusi Islam. Atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dwi Istiyani. (2017). Tantangan dan Eksistensi Madrasah Diniyah sebagai Entitas Kelembagaan Pendidikan Keagamaan Islam di Indonesia. Edukasia islamika. Vol 2 (1)

Edi Suharto. (2010). Membbangun masyarakat memberdayakan masyarakat. Bandung: Refika Aditama

Hasan Baharun, Zulfaizah Zulfaizah (2018), revitalisasi madrasah menjadi urgen untuk menutupi kurangnya bimbingan agama di sekolah. Ini diperlukan agar terbentuk karakter pribadi muslim yang. Edukasia Vol 2 (1)

Hasan Baharun, Zulfaizah Zulfaizah (2018). Revitalisasi Pendidikan Agama Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Madrasah. Jurnal elementary. Vol 6 (1)

Junanto. (2016). Evaluasi Pembelajaran di Madrasah Diniyah Miftachul Hikmah Denanyar Tangen Sragen. At-tarbawi. Vol 1 (2)

Kemenag RI (2021). Alquran dan terjemah. Semarang: Toha Putra

Khozin. (2006). Manajemen Pemberdayaan madrasah. Malang: UMM Press

Lesley Bartlett, Frances Vavrus. 2017. Comparative Case Studies: An Innovative Approach. NJCIE Vol. 1(1)

Lilies Nur Ainie, dkk (2020). Laporan Pengabdian Masyarakat Tentang Bimbingan Dan Pelatihan Tentang Pengembangan Soft Skill (Menemukan Potensi Diri) Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Jurnal Polinema Vol. 7 (1)

Mannuhung, Suparman (2019). Penanggulangan Tingkat Kenakalan Remaja Dengan Bimbingan Agama Islam. Tomaega. Vol 2 (1)

Manuardi, Ardian Renata. (2019). Kedudukan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling: Konsep, Karakteristik, dan Prinsip. Jurnal QUANTA Vol 3, No 3

Manuardi, Ardian Renata. (2019). Kedudukan Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling: Konsep, Karakteristik, dan Prinsip. Jurnal QUANTA Vol 3(3)

Mazidatul Faizah (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Unwaha, Vol 1 (1)

Moleong, j, Lexy. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Muhammad Munir, Wahyu Ilahi. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Nanih Mahendrawati. (2001). Pengembangan Masyarakat Islam. Bandung:PT Remaja Rosda Karya

Nuriyatun Nizah. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis. Edukasia Vol 11 (1)

PP No 55 pasal 15-16 tahun 2007, Tentang Pendidikan Agama dan Kegamaan.

Setyawati, Sri Panca And Ratnawati, Vivi And Atrup, (2021) Pengabdian Kepada Masyarakat Penggunaan Media Screencast-O-Matic bagi Guru Bimbingan Konseling guna Peningkatan Layanan BK pada Siswa SMK. Journal unesa. Vol 2 (2)

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Supandi .(2019). Peranan Pendidikan Orang Tua Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Anak Di Madrasah Tsanawiyah Nasyrul Ulum Pamekasan. Jurnal Al- Ulum Vol 6 (1)

Wirya Saputra. (2016). Pendampingan dan Konseling Psikologi. Yogyakarta: Galang Press.

Zulfia Hanum Alfi Syahr (2016). Membentuk Madrasah Diniyah sebagai Alternatif Lembaga Pendidikan Elite Muslim bagi Masyarakat Puslitbang Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI.. Modeling. Vol 3 (1)




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v3i2.4830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats