Konseling Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19

Nurintan Muliani Harahap (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak

          Disadari bahwa covid 19 membuat individu terbatas melakukan aktivitasnya masing-masing yang membuat adanya tekanan psikologis dan ekonomi dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Untuk mencegah penularan virus, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar tetap di rumah dan tidak melakukan aktivitas yang mengundang kerumunan. Jika psikis sudah terganggu kemungkinan besar fisik akan ikut terganggu juga yang berakibat individu mengalami stres, bingung, bosan, khawatir, dan lain sebagainya. Untuk meminimalisir hal tersebut, maka para konselor dan psikolog membuat situs-situs secara online untuk membantu mereka yang mengalami masalah psikis. Karena konseling face to face tidak mungkin dilaksanakan alternatifnya melalui konseling online. Berikut penulis menguraikan beberapa situs-situs yang ada di Indonesia, tarif per sesi dan gambaran sekilas mengenai situs tersebut. Dan jika sangat dibutuhkan untuk melakukan konseling secara face to face maka tidak menutup kemungkinan akan dilaksanakan. Adapun situs tersebut ialah ibunda, bicarakan, kalm, halodoc, riliv, pijar psikologi, klee, kariib, psikologimu, dan alpas.

 

Kata kunci: konseling online, covid 19. 


Keywords


Konseling Online, Covid 19

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anaway Irianti Mansyur, dkk, Konseling Online Sebagai Upaya Menangani Masalah Perundungan di Kalangan Anak Muda, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 29 No 2 Des 2019.

Anna Aisa, Layanan Cybercounseling pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal BK Pendidikan Islam, Vol. 1 No. 2 September 2020.

Bloom, J.W., Walz, G.R, Cybercounseling & Cyberlearning. An Encore, US: CAPS Press, 2004.

Gibson, R.I. & Mithell, M.H, Introduction to Counseling and Guidance, New York: Macmillan Publisher, Haberstroh, S, 2008.

Ifdil & Zadrian Ardi, Konseling Online sebagai Salah satu Bentuk Pelayanan E-Konseling, Jurnal Konseling dan Pendidikan, Vol. 1 Nomor 1, Februari 2013.

Ifdil, Penyelenggaraaan Layanan Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling dalam Syamsu Yusuf LN, Bandung: Rizqi Press, 2011.

Jerizal Petrus & Hanung Sudibyo, Kajian Konseptual Layanan Cybercounseling, Vol. 6 No. 1 Tahun 2017.

Mallen, Michael J. David I. Vogel, dkk, Online Counseling. Reviewing the LiteratureFrom a Counseling Psychology Framework: The Counseling Psychologist. Vol. 33 No 6 November 2005 (Houston: the Society of Counseling Psychology, 2011.

Prayitno & Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Cet. Kedua. Padang: FIP, 2004

Winkel, W. S, & Hastuti, Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan (edisi revisi), Jakarta: Gramedia, 2005

Wibowo, Nur Cahyo, Bimbingan Konseling Islam Online: Jurnal Ilmu Dakwah , Vol. 36 (2). Semarang: UIN Walisongo.

https://www.ibunda.id/e-counseling.

https://www.bicarakan.id/psikolog/online.

https://riliv.co

https://pijarpsikilogi.org/konsulgratis/

https://kleezen.com/halaman_konseling.php

https://kariib.com/layanankami/

http://psikologimu.co/




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v3i1.3796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats