Agama dan Kelompok Minoritas: Pendekatan Konseling dalam Kasus Difabel

Syafrianto Tambunan ()

Abstract


Abstrak

Semua Agama mengajarkan manusia untuk mengasihi sesama, dilihat dari pelbagai suku, ras, fisik dan lain-lain, tujuannya adalah untuk tidak bersikap apriori terhadap kaum lemah termasuk disini difabel, karena penghargaan harkat dan martabat secara agama tidak memandang kekurangan-kekurangan lahiriah melainkan derajat ketakwaan. Paradigma masyarakat tentang difabel yang masih menganggap difabel sebagai orang yang sakit, lemah, tidak berdaya, dan tergantung pada orang lain. Ini menjadi sebuah kajian penting bagi kita dalam membedah fenomena ini. Tentunya butuh perhatian yang serius dan bersama bagi kita semua. Penulis disini menganalisa dari berbagai literatur-literatur yang ada dan disini juga penulis ingin melihat hubungan konseling terhadap  permasalahan difabel. Oleh sebab itu, permasalahan ini penting untuk diteliti dan dikaji dalam ranah bimbingan dan konseling lintas agama dan budaya sehingga ada kontribusi yang diberikan terhadap fenomena ini demi terwujudnya generasi masyarakat, bangsa, dan negara yang adil, bersih dan bebas dari hal yang berbau diskriminatif. 

 

Kata Kunci: Agama, Kelompok Minoritas, Difabel dan Konseling 

Full Text:

PDF

References


A. Mukti Ali, Penelitian Agama di Indonesia dalam Mulyanto Sumarsi Penelitian Agama Masalah dan Pemikiran, Jakarta: Sinar Harapan, 1982.

Akhmad Soleh, “Islam dan Penyandang Disabilitas: Telaah Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Dalam Sistem Pendidikan di Indonesia” Jurnal Palastren, Vol 8, No 2, Desember 2015.

Amsal Bakhtiar, Filsafat Agama Wisata Pemikiran dan Kepercayaan Manusia, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Aulia Dwi Nastiti, Identitas Kelompok Disabilitas Dalam Media Online (Jakarta: FISIP UI, 2012.

Bambang Rustanto, Masyarakat Multikultur di Indonesia, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Brian Morris, Antropologi Agama, terj. Imam Khoiri, Yogyakarta: AK Group, 2007.

C. Baldwin, C. Chapman, & Z. Gray, Minority Right: The Key to Conflict Prevention London: Minority Group International, 2007.

Choirul Mahpud, Pendidikan Multikultural. cet. Ke-4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Elizabeth Nottingham, Agama Dan Masyarakat Suatu Pengantar Sosiologi Agama, ed..Machnun Husein, Jakarta: C.V. Rajawali, 1985.

Gunnel A.M. Backenroth, “People with Disabilities and the changing labor market: Some Chalenges for Counseling Practice and Research on Workplace,” International Journal for the Advancement of Counselling 23: 21-30 (2001).

Iskandar Hosein, “Perlindungan Terhadap Kelompok Rentan (Wanita, anak, minoritas, suku terasing, Dll) dalam perspektif Hak Asasi Manusia”, Makalah dalam Seminar Pembangunan Hum Nasional VIII Tahun 2003, Denpasar Bali, 14-18 Juli 2013.

Larry A. Samovar, Richard E. Porter, & Edwin R. McDaniel, Komunikasi Lintas Budaya, terj. Indri Margaretha Sidabalok, Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

M. Ali Kettani, Mnoritas Muslim di Dunia Dewasa Ini, terj. Zarkowi Soejoeti Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Pasal 1 angka 1 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat, Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3670.

Ro’fah, Membangun Kampus Inklusif Best Practice Pengorganisasian Unit Layanan Difabel, Yogyakarta: PSLD UIN Sunan Kalijaga, 2010.

Ro’fah, dkk, Membincang Islam dan Difabilitas, Yogyakarta: PSLD UIN Sunan Kalijaga, 2012.

Sally Hodges, Counseling Adults With Learning Disabilities New York: Palgrave Macmillan, 2003.

Sofyan S. Willis, Konseling Individual: Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugi Rahayu & Utami Dewi, “Pelayanan Publik Bagi Pemenuhan Hak-Hak Disabilitas di Kota Yogyakarta,” Staf Pengajar Jurusan Ilmu Administrasi Negara Jurnal FIS UNY, 2.

Tarsidi, dari http://www.kartunet.com Diakses pada tanggal 31 Oktober 2020 Pukul 11 : 06 Wib.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Hak-Hak Disabilitas Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2011 Nomor 107, Tambahan Lembaga Negara Republik Indonesia Nomor 5251.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v2i2.2967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats