Ragam Studi Fungsi Keluarga dalam Membentuk Moral Anak (Analisis Melalui Konseling Keluarga)

Ahmad Putra (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk memetakan fungsi keluarga dalam membentuk moral anak melalui penelitian yang telah ada dengan melihat pola apa saja yang digunakan keluarga dalam mendidik anak dalam membentuk moral yang baik pada anak. Di samping itu, fungsi keluarga dalam membentuk moral anak dianalisis melalui konseling keluarga sebagai sebuah pedoman akan perlunya membangun keharmonisan dengan sesama anggota yang ada dalam keluarga, terutama terhadap anak. Penelitian ini dianggap penting karena akhir-akhir ini moral anak semakin merosot dikarenakan berbagai factor. Bukan hanya factor pendidikan orang tua, tetapi juga pengaruh lingkungan dan majunya zaman yang tidak terbendung oleh anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research. Hasil dari pemetaan ini didapatkan bahwa dari berbagai penelitian yang telah ada, pola yang digunakan keluarga dalam membentuk moral anak masih cenderung dengan menggunakan pola pendidikan Islam, pola komunikasi, pola sosial, pola keteladanan, dan pola pendidikan moral.


Keywords


Keluarga, Moral Anak, Konseling Keluarga

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual (ESQ) (Jakarta: Arga, (2001)

Al-Qurthubi, Syaikh Imam, Tafsir Al-Qurthubi (Jakarta: Pustaka Azzam, (2009)

Al-Maghribi, Al-Maghribi bin as-Said, Kaifa Turabbi Waladan (Begini Seharusnya Mendidik Anak), Darul Haq (Jakarta, 2004)

Agustin Dyah Satya Yoga, Suarmini Ni Wayan, dan Prabowo Suto, “Peran Keluarga Sangat Penting Dalam Pendidikan Mental, Karakter Anak Serta Budi Pekerti Anak,” jsh Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 8, No 1 (Juni 2015)

Ayun, Qurrotu, “Pendidikan Dan Pengasuhan Keluarga Dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Anak: Perspektif Psikologi Perkembangan Islam,” Attarbiyah, Vol. 26 (2016)

Baharun, Hasan, “Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis,” Pedagogik; Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No 2 (Januari-Juni 2016)

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama (Jakarta: Bulan Bintang, 2005)

Daradjat, Zakiyah, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)

Djaelani, H. Moh. Solikodin, “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Dan Masyarakat,” Jurnal Ilmiah WIDYA, Vol. 1, No 2 (Juli-Agustus 2013)

Fatimaningsih, Endry, “Memahami Fungsi Keluarga Dalam Perlindungan Anak,” Jurnal Sosiologi, Vol. 17, No 2 (n.d.)

Hulukati, Wenny, “Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak,” MUSAWA, Vol. 7, No 2 (Desember 2015)

Inten, Dinar Nur, “Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga,” Jurnal FamilyEdu, Vol. III, No 1 (April 2017)

Kobandaha, Istianah Masruroh, “Keluarga Sebagai Basis Pendidikan Karakter,” Irfani, Vol. 14, No 1 (Juni 2019)

Kibtyah, Maryatul, “Peran Konseling Keluarga Dalam Menghadapi Gender Dengan Segala Permasalahannya,” SAWWA, Vol. 9, No 2 (April 2014)

Khumairo, Aisyah, “Konseling Keluarga Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Pola Pikir Anak,” Elementary, Vol. 3, (Januari-Juni 2017)

Laila, Faizah Noer, Bimbingan Konseling Keluarga dan Remaja (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press Anggota IKAPI, 2017)

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif (Yogyakarta: LKIS Pelangi Aksara, 2007)

Rochaniningsih, Nunung Sri, “Dampak Pergeseran Peran Dan Fungsi Keluarga Pada Perilaku Menyimpang Remaja,” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2, No 1 (2014)

Rahmawati Indra, Purnomo Imam, dan Latif Rr. Vita Nur, “Strategi Penguatan 8 Fungsi Keluarga Dalam Pencegahan Triad Krr (Seksualitas, Napza, Hiv & Aids) Di Kota Pekalongan,” JURNAL PENA MEDIKA, Vol. 6, No 1 (Juni 2016)

Rakhmawati, Istina, “Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak,” KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 6, No 1 (Juni 2015)

Rustina, “Keluarga Dalam Kajian Sosiologi,” MUSAWA, Vol. 6, No 2 (Desember 2014)

S, Minuchin, Familiy and Family Therapy (Cambridg, MA: Harvard University, 1999)

Sahar Marsito Junaiti, dan Mustikasari, “Kontribusi Fungsi Keluarga Terhadap Perilaku Remaja Merokok Di Sma/Smk Kecamatan Gombong, Kebumen Jawa Tengah,” Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, Vol. 5, No 3 (Oktober 2009)

Suyanto, Bagong, Metode Penelitian Sosial: Bergabai Alternatif Pendekatan (Jakarta: Prenada Media, 2005)

Sulistyoko, Arie, “Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak Di Era Kosmopolitan (Tela’ah Tafsir Kontemporer Atas Surat At-Tahrim Ayat 6),” IQRO: Journal of Islamic Education, Vol. 1, No 2 (Desember 2018)

Syahraeni, Andi, “Tanggung Jawab Keluarga Dalam Pendidikan Anak,” Al-Irsyad Al-Nafs, Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 2, No 1 (Desember 2015)

Solihat, Manap, “Komunikasi Orang Tua Dan Pembentukan Kepribadian Anak,” MEDIATOR, Vol. 6, No 2 (Desember 2005)

Subianto, Jito, “Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas,” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 8, No 2 (Agustus 2013)

Santika, Tika, “Peran Keluarga, Guru Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini,” Judika (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), Vol. 6, No 2 (November 2018)

Sitompul, Hafsah, “Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai-Nilai Dan Pembentukan Sikap Pada Anak,” Jurnal Darul ‘Ilmi, Vol. 04, No 01 (Januari 2016)

Siregar, Risdawati, “Urgensi Konseling Keluarga Dalam Menciptkan Keluarga Sakinah,” HIKMAH, Vol. II, No 01 (Januari-Juni 2015)

Suarmini, Ni Wayan, “Keluarga Sebagai Wahana Pertama Dan Utama Pendidikan Karakter Anak,” jsh Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 7, No 1 (Juni 2014)

Setiardi, Dicky, “Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak,” Jurnal Tarbawi, Vol. 14, No 2 (Juli-Desember 2017)

Suarmini Ni Wayan, Rai Ni Gusti Made, dan Marsudi, “Karakter Anak Dalam Keluarga Sebagai Ketahanan Sosial Budaya Bangsa,” jsh Jurnal Sosial Humaniora, Vol. 9, No 1 (Juni 2016)

Tihnike, Dona, “Fungsi Keluarga Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Pada Anak,” PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam, Vol. 13, No 2 (Desember 2018)

Ubabuddin, “Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam,” Inovatif, Vol. 4, No 2 (2018)

Wahyudi, Didik dan Arsana, I Made, “Peran Keluarga Dalam Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan,” Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. 2, No 1 (2014)




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v2i2.2945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats