Nilai dan Spiritual dalam Bimbingan Konseling

Irman Syah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Abstract


Perkembangan zaman yang begitu cepat memaksa manusia untuk ikut serta mengikuti trend perkembangan yang terjadi, sehingga permasalahan dalam kehidupan sehari hari juga semakin rumit. Oleh karena itu Nilai dan spiritual merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia, ketika kebutuhan rohani tepenuhi maka akan terasa bahagia dan damai. Tujuan dilakukannya penelitian ini ini untuk mengetahui bagaimana konsep nilai dan spiritual dalam dunia bimbingan dan konseling. Penelitian merupakan library research atau kepustakaan yang sumber datanya diambil dari berbagai media seperti buku, artikel jurnal, koran serta catata- catatan lainnya yang bersesuaian dengan judul penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya Layanan Bimbingan Konseling yang menggunakan Nilai-nilai spiritual sangatlah dibutuhkan, karena bimbingan dan konseling dengan nilai dan spiritual merupakan proses konseling yang mengarahkan kepada kembalinya manusia pada fitrahnya, berperilaku sesuai dengan kaidah yang benar serta mampu menyelesaikan masalahnya dan mengarah kepada perbaikan diri menjadi manusia yang lebih baik

Full Text:

PDF

References


Daniel Goleman. Working With Emotional Intelligence, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Gramedia, 2003.

A Hallen. Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Quantum Teaching, 2005.

Amin, Samsul Munir. Bimbingan dan konseling Islam. Jakarta: Amzah, 2010.

ansyah Ardiansyah, Ardi. “Upaya Bimbingan Konseling Nilai Dan Spiritual Terhadap Transgender Di Yogyakarta.” Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 8, no. 2 (2018): 71–87.

Brillianty, Amalia Roza. “Pengaruh Program Konseling Kognitif Spiritual Terhadap Kesalahan Berpikir Kriminal.” Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi 12, no. 24 (2007): 97–106.

Gerald Corey. Teori Dan Praktik Konseling Psikoterapi Terj Endang Koswara. Bandung: Refika Aditama, 2009.

Gudnanto, Gudnanto, Cindy Asli Pravesti, Fitri Wahyuni, and Arista Kiswantoro. “AKSIOLOGI SPIRITUALITAS DALAM KONSELING.” JURNAL KONSELING GUSJIGANG 3, no. 1 (2017).

Ikhwan Marzuqi. Spiritual Enlightenment : Kenali, Cintai, Dan Sayangi Pencerahan Spiritual. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2017.

Imaduddin, Aam. “Spiritualitas Dalam Konteks Konseling.” Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research 1, no. 01 (2017): 1–8.

Isna, Mansur. Diskursus pendidikan Islam. Global Pustaka Utama, 2001.

Istiani, Nurul. “KONSEP STRATEGI THEISTIC SPIRITUAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN PSIKOTERAPI ISLAM.” RELIGIA (February 19, 2018): 190–206.

Nata, Abuddin. Kapita Selekta Pendidikan Islam: Isu-Isu Kontemporer Tentang Pendidikan Islam. Cet. 1. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012.

Ridho, Muhammad Hafizh. “Bimbingan Konseling Spiritual Terhadap Pasien Rehabilitasi Napza.” Jurnal Studia Insania 6, no. 1 (2018): 036–048.

Sanyata, Sigit. “Perspektif Nilai Dalam Konseling: Membangun Interaksi Efektif Antara Konselor-Klien.” Paradigma 1, no. 02 (2006).

Subroto, An Nisa, Rosiana Wulandari, and Suharni Suharni. “PENDEKATAN KONSELING SPIRITUAL SEBAGAI ALTERNATIF PENCEGAHAN PERILAKU BULLYING (KEKERASAN).” In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1:104–109, 2017.

“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Accessed September 30, 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nilai.

“Spirit_1 Noun - Definition, Pictures, Pronunciation and Usage Notes | Oxford Advanced Learner’s Dictionary at OxfordLearnersDictionaries.Com.” Accessed September 30, 2020. https://www.oxfordlearnersdictionaries.com/definition/english/spirit_1?q=spirit.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v2i2.2888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats