KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA COVID-19

Nashran Azizan (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)
Dian Armanto (Universitas Negeri Medan, Indonesia)
Maulana Arafat Arafat (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

 

Quality education comes from the quality of the teachers. Especially the competence of teachers from the professional, pedagogical, moral, and social aspects. Competent teachers are seen from their performance results, while to realize quality performance, motivation is needed from the principal. This study aimed to look at the leadership attitude of school principals in improving the quality of education during the COVID-19 pandemic. This research uses quantitative methods. The sample was teachers at SDN 200212/2 Padangsidimpuan schools, and the sample was determined using a random sampling technique. They are collecting data using a questionnaire with a Likert measurement scale. Data analysis used descriptive statistics using the 2022 version of STATCAL software. The study results describe that the leadership attitude carried out by the principal of SDN 200212/2 Padangsidimpuan city, North Sumatra province is excellent at 93% based on responses from 20 teachers. Meanwhile, teachers who are in a neutral position see only 5% of the principal's leadership, and 2% of teachers think that the principal rarely rewards work performance. It is never fair to give sanctions to subordinates who fail to carry out their duties.

 

Keywords: Principal, quality of education, COVID-19 pandemic

 

Abstrak

 

Pendidikan yang bermutu berasal dari kualitas gurunya. Terutama kompetensi guru dari aspek profesional, pedagogi, moral kerja, dan sosialnya. Guru yang berkompetensi dilihat dari hasil kinerjanya, sedangkan untuk mewujudkan kinerja yang bermutu perlu motivasi dari kepala sekolah. Tujuan penelitian ini untuk melihat sikap kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini memakai metode kuantitatif. Sampelnya adalah guru-guru di sekolah SDN 200212/2 Padangsidimpuan, sampel ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran likert. Analisis data menggunakan statistik deskriptif menggunakan software STATCAL versi 2022. Hasil penelitian menguraikan bahwa sikap kepemimpinan yang dilakukan oleh kepala sekolah SDN 200212/2 kota Padangsidimpuan provinsi Sumatera Utara sangat baik berada pada persentase 93% berdasarkan respon dari 20 guru. Sedangkan guru yang berada pada posisi netral melihat kepemimpinan kepala sekolah hanya 5% dan 2% lagi guru berpendapat bahwa kepala sekolah jarang memberikan penghargaan terhadap prestasi kerja serta tidak pernah adil memberikan sanksi kepada bawahan yang lalai melaksanakan tugas.

 

Kata kunci: Kepala sekolah, mutu pendidikan, pandemi COVID-19

 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI Afriyanli, H. K., & Sabandi, A. (2020). PENGARUH SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 51–55. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3520 Anizah, A., & Maretta, W. F. (2017). KEPEMIMPINAN EFEKTIF KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 97–105. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1157 Ariyani, R. (2017). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 107–128. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.135 Asmani, J. M. (2012). Tips Aplikasi Manajemen Sekolah. Diva Press. Astuti, E. Y., Tobari, T., & Tahrun, T. (2020). PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL DAN MOTIVASI KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 140–147. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4121 Bafadal, I. (2006). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Bumi Aksara. Fadhlil Adhiim, Z., & Nur Mahmudah, F. (2021). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 29–37. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.572 Fatah, N. (2000). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Fauzan, F., Arifin, F., Lubis, M. A., & Firdaus, F. M. (2022). Lecturer’s digital literacy ability in the pandemic. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(4), 1130–1142. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i4.7122 Gorbalenya, A. E., Baker, S. C., Baric, R. S., de Groot, R. J., Drosten, C., Gulyaeva, A. A., Haagmans, B. L., Lauber, C., Leontovich, A. M., Neuman, B. W., Penzar, D., Perlman, S., Poon, L. L. M., Samborskiy, D. V., Sidorov, I. A., Sola, I., & Ziebuhr, J. (2020). The species Severe acute respiratory syndrome-related coronavirus: classifying 2019-nCoV and naming it SARS-CoV-2. Nature Microbiology, 5(4), 536–544. https://doi.org/10.1038/s41564-020-0695-z Imansyah, M., Arafat, Y., & Wardiah, D. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 135–143. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3756 Indriyani, S., & Hasanah, E. (2021). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA MENGEMBANGKA PROFESIONALISME GURU. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.571 Jalinus, N., Ganefri, Emeritus, Yunos, J. M., Alias, M., Syahril, Sukardi, & Risfendra. (2021). Riset Pendidikan dan Aplikasinya. UNP Press. Liskayani, L., & Sulastri, S. (2018). SRATEGI KEPALA SEKOLAH DI DAERAH PEDESAAAN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DAN KARAKTER WARGA SEKOLAHNYA. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 77–89. https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i1.1528 Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Persepsi Orang Tua dalam Memanfaatkan Durasi Penggunaan Gadget Untuk Anak Usia Dini Saat Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 63–82. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/2834 Mahardhani, A. R. (2015). Kepemimpinan Ideal Kepala Sekolah. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2). Murtiningsih, M., & Lian, B. (2017). PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA GURU SMP. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1156 Nasukah, B., & Maunah, B. (2021). KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM TINJAUAN SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KAJIANNYA PADA BIDANG PENDIDIKAN. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 38–48. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.574 Ningsih, K. D., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). PENGARUH KOMITE SEKOLAH DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 1–14. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3921 Puspitasari, Y., Tobari, T., & Kesumawati, N. (2020). PENGARUH MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 88–99. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.4036 Remuzzi, A., & Remuzzi, G. (2020). COVID-19 and Italy: what next? The Lancet, 395(10231), 1225–1228. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(20)30627-9 Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Deepublish. Rusnita, R., Arafat, Y., & Mulyadi, M. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMP NEGERI 11 PRABUMULIH. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 7–19. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.566 Saifullah, S. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota BIMA). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 600–621. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/340 Saputra, D. N., Listyaningrum, N., Leuhoe, Y. J. I., Apriani, Asnah, & Rokhayati, T. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian. CV. Feniks Muda Sejahtera. Sepriadi, S., & Ahmad, S. (2017). PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR AKADEMIK TERHADAP KINERJA GURU DI SMK PGRI TANJUNG RAJA. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 55–76. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1154 Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar, D. (2020). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP KEBERHASILAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 15–33. https://doi.org/10.31851/jmksp.v6i1.3922 Sriwahyuni, E., Kristiawan, M., & Wachidi, W. (2019). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP) PADA SMK NEGERI 2 BUKITTINGGI. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 21–33. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2472 Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta. Sutrisno, E. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana. Wahyudi. (2009). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Alfabeta. Wulandari, R., & Sugiyono, N. A. (2021). How to create an effective school Exploration strategies of an effective school in managing teachers. International Journal of Management in Education, 15(5), 416. https://doi.org/10.1504/IJMIE.2021.117587




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah