EFEKTIVITAS MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BALOK

Sry Amalia (SD Negeri 1 Padangsidimpuan, Indonesia)
Adek Safitri (Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract

In this study, it was found that the cooperative learning model was effective in increasing the activities and learning outcomes of students in SD Negeri 200101/01 Padangsidimpuan. Learning outcomes are the minimum basic abilities or competencies that a student must have. While student activities are how students respond and respond during the learning process, dare to express opinions and are motivated to learn. The subjects of this research were all sixth grade students of SD Negeri 200101/01 Padangsidimpuan. While the subject of this research is the learning outcomes and activities of students when learning Geometry l: Beam. The purpose of this research is to increase the effectiveness of student learning outcomes and activities. When learning mathematics use PTK with a jigsaw type cooperative learning model which is carried out in three cycles.

 

Keywords : Cooperative Learning Model, Geometry, Beam.

 

Abstrak

Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa model pembelajaran kooperatif efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SD Negeri 200101/01 Padangsidimpuan. Hasil belajar yaitu kemampuan atau kompetensi dasar minimal yang harus dimiliki seorang peserta didik. Sedangkan aktivitas siswa ialah bagaimana respon dan tanggapan peserta didik saat proses pembelajaran, berani untuk menyampaikan pendapat dan termotivasi untuk belajar. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 200101/01 Padangsidimpuan. Sementara subjek penelitian ini yaitu hasil belajar dan aktivitas peserta didik saat pembelajaran Bangun Ruang Balok. Tujuan penelitian ini untuk efektivitas peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa. Saat pembelajaran matematika dilakukan PTK dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dilakukan dengan tiga siklus.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Bangun Ruang, Balok.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI Abdurrahman, M, 1999, Pendidikan Bagi Anak Kesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsini, 1986. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta; Bumi Aksara Aroson , dkk.. www . ppp . pembelajar . cooperative .co.id, Jakarta Azka, F, 2005, Keefektifan Model Pembelajaran Kooperative Type Stad dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Pada Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2004/2005, Skripsi, Semarang Dahar, Ratna Wilis. 1984. Teori Teori Belajar, Bandung : IKIP Bandung. Djamarah, Syaiful Bahri, 1995. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta. Fakultas Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, (2005), Buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Proposal Penelitian Kependidikan, FMIPA UNIMED Harahap, A. (2018). Education Thought of Ibnu Miskawaih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/skijier.2017.2017.11-01 Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781 Kahpi, M. L., & Harahap, A. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemangku Adat Dalam Pencegahan Konflik Keagamaan Di Kecamatan Siporok Kabupaten Tapanuli Selatan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 14(2), 8–22. Mersinar, P, 2010, Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar Menggunakan Pembelajaran Kooperative Tipe Jigsaw dengan Tipe STAD pada Pokok Bahasan Himpunan Kelas VII SMP Swasta Karya Pembagunan Deli Tahun Ajaran 2009/2010 Skripsi, Medan. Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177. Roestiyah NK, 1989. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Bina Aksara. Siberlman, M, 2002, Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Edisi Bahasa Indonesia, Yayasan Pengkajian dan Pengembangan Ilmu-Ilmu Pendidikan Islam (Yaspendis), Yogyakarta Suhendra Bambang, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP 2006). Jakarta. BP. Dharma Bakti Sosial, A. J. I., Kebijakan, A., & Dasar, P. (2020). ISLAM DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU Asriana Harahap Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tapanuli Pendahuluan. 5(1), 96–105. Syafitri, A. 2005, Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik pada Pokok Bahasan Keliling dan Luas Persegi Panjang dengan Menggunakan LKS di kelas VI SDN 054906 Stabat T.A 2003/2005, Skripsi, Medan Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31. Turmudi, Drs, 2001, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia Winkel, W, S, 1996, Psikologi Pengajaran, Penerbit Gramedia Widya Sarana Indonesia, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah