Strategi Promosi Produk Koperasi Jasa Syariah (KJKS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Jati Baru Padang

Yummil Hasan (UIN Imam Bonjol Padang, Indonesia)

Abstract


Abstract

To market a product, an institution or company must use an operational activity device called the marketing mix. One of the marketing mixes used by BMJ Jati Baru Padang KJKS is promotion, then we call promotion strategies. This promotion is intended to introduce and influence the community towards a product offered by BMT Jati Baru KJKS. Promotional strategy is one of the first in order to introduce products to consumers and this becomes very important because it relates to the benefits that will be obtained by the company. In this modern era BMT institutions are increasingly developing in the community. The development of these institutions encouraged BMT's business to grow further and resulted in tight business competition. For this reason, it is necessary to have a promotion strategy for this new BMT Jati KJKS in the face of competition, so that it can help market products to increase company sales and customer development.

Key word: strategy, promotion, product, kjks, bmt

 

Abstrak

Untuk memasarkan suatu produk, maka suatu lembaga atau perusahan harus menggunakan perangkat kegiatan operasional yang disebut bauran pemasaran. Salah satu bauran pemasaran yang digunakan KJKS BMT Jati Baru Padang adalah promosi, selanjutnya kita sebut strategi promosi. Promosi ini ditujukan untuk mengenalkan dan mempengaruhi masyarakat terhadap suatu produk yang ditawarkan KJKS BMT Jati Baru. Strategi promosi merupakan salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk kepada konsumen dan ini menjadi sangat penting karena berhubungan dengan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahan. Dalam era modern ini lembaga BMT semakin berkembang di masyarakat. Perkembangan lembaga tersebut mendorong usaha BMT makin berkembang dan mengakibatkan persaingan bisnis ini menjadi ketat. Untuk itu perlu adanya strategi promosi KJKS BMT Jati Baru ini dalam menghadapi persaingan, sehingga dapat membantu memasarkan produk untuk meningkatkan penjualan perusahan dan perkembangan nasabah.

Key word: strategi, promosi, produk, kjks, bmt


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ma’ruf, Wirausaha Berbasis Syariah, Banjarmasin: Antasari Press, 2011

Alma. Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011

Alquran dan Terjemahannya, Departemen Agama, Bandung: PT Sigma Examedia, Arkaanleema

Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2010

Craven, David W, Pemasaran Strategis, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 1996

Hadari Nawawi dkk, Penelitian Terapan, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 1996

Hakim, Arman, Nasution dkk, Manajemen Pemasaran untuk Engineering., Yogyakarta: CV Andi Offset, 2006

Hasibuan. Melayu, Perbankan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004

Hermawan, Agus, komunikasi pemasaran, Malang: PT. Gelora Aksara Pratama, 2012

Hurriyati. Ratih, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung:Alfabeta, 2010

Iska, Syukri dan Rizal, Lembaga Keuangan Syari’ah, Batusangkar : Batusangkar Press, 2005

Kasmir, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Prenada Media Group, 2009

. Manajemen Perbankan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2008

, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT Midas Surya Grafindo, 1987

Lubis. Suhrawardi, Hukum ekonomi Islam, Jakarta : Sinar Grafika, 2012

Madura, Jeff, Pengantar Bisnis, Jakarta : Salemba Empat, 2007

_______, Jeff, Introduction to Business Pengantar Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2009

Morrisan, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2010

Mursid, M., Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014

Noor, Juliansyah, Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana, 2011

Purnama, C.M Lingga, Strategic Marketing Plan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001

Rodoni, Ahmad, Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: PT. Bestari Buana Murni, 2008

Ruslan Rosady, Metode Penelitian Public Relactions dan Komunikasi, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2004

Saladin Djaslim, Dasar-Dasar Bisnis Pemasaran, Bandung: PT Mandar Maju, 1994

Sangadji, Etta Mamang dkk, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010

Soemitra. Andi, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009

Suprayogo, Imam, Tobroni. Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2003

Subagyo Joko, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Swastha, Basu dan Irwan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : Liberty, 2005

Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, Malang: Bayumedia Publishing, 2007

Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skiripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT Granfindo Persada, 2009

W Boyd, Harper, Manajemen Pemasaran, suatu Pendekatan Strategis dengan Orienatsi Global, Jakarta: Erlangga, 2000

Wawancara :

Ahmad, Nasabah KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, Padang 13 Mei 2015

Hidayat, Rachmat, Manajer KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, 19 Juni 2015

Rosdanita, Nasabah KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, Padang 13 Mei 2015

Yesi, Afrina, Pembukuan KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, Padang 19 Juni 2015




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v12i2.888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yummil Hasan


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.