KEARIFAN LOKAL : Refleksi Diri Masyarakat To Lotang Sebagai Khalayak Media

Jalaluddin Basyir (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)

Abstract


Masyarakat To Lotang adalah masyarakat minoritas yang hidup dan tumbuh dengan segala macam kearifan lokal yang menjadikan mereka berada sekaligus membedakannya dari masyarakat mayoritas lainnya. Studi ini bertujuan untuk memeroleh pengetahuan mengenai bagaimana kearifan lokal yang diyakini pula sebagai kearifan spiritual ini dijawantahkan oleh mereka pada aktivitas mendapatkan informasi dari media massa. Metode penulisan ini adalah kualitatif konstruktivisme dengan menitikberatkan pada konstruksi realitas atas sosial sebagai sebuah pendekatan dan konsepsi Miles dan Huberman, yaitu Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan, sebagai model analisis penelitian. Hasil penulisan ini menerangkan bahwa potensi kearifan lokal atau kearifan spritual masyarakat To Lotang hadir tidak hanya sebagai sebuah konsep, namun mampu pula diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat referensialis dalam bertindak berupa filterisasi arus informasi dari media massa. Implikasi penulisan ini menerangkan bahwa diskursif-diskursif tradisional sedikit banyak menggeser fakta sosial yang selama ini dibangun atas dasar gagasan-gagasan teknorat modernisme yang cukup hegemonik dan berkembang sebagai paradigma tertentu.

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Masyarakat To Lotang, Media Massa, Identitas.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA:

Gusti, I Ngurah Putra. (2008). Media, Komunikasi, dan Politik Sebuah Kajian Kritis. Yogyakarta:UGM.

Harraiman, Eric M. (2009). Fondasi Filososfi dan Perspektif Kajian Ilmu Komunikasi Perspektif Konstruktivisme dan Kritikal. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta.

Kutha, Nyoman Ratna. (2010). Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Malik, Tahir. 2006. Tolotang Jejak Aliran Kepercayaan di Tanah Bugis.Makassar: Kretakupa Makassar.

Schudson, Michael._______. The Sociology of News Production.San Diego: University of California.

DAFTAR JURNAL:

Sartini, (2004). Menggali Kearifan Lokal Nusantara Sebuah Kajian Filsafati, Filsafat Jurnal, 37(2),...........

Fitryarini Inda, dkk, (2014). Model Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal Pada Suku Dayak Tunjung dan Dayak Benuaq di Kutai Barat. Jurnal Edisi 17, No.3. Yogyakarta: UGM.

DAFTAR INTERNET:

Bungin, Burhan. (2009). Sosiologi Komunikasi.Jakarta: Kencana Prenada Media Group. (https://sosiologibudaya.wordpress.com).

Media Sosial “Remotivi”. (2015). Remotivi Pusat Kajian Media dan Komunikasi.Jakarta: Pulogadung. (http://www.remotivi.or.id/).

Darmastuti, Rini. (2012). Kearifan Lokal Masyarakat Indonesia Dalam Menghadapi Terpaan Media. (http://repository.uksw.edu/bitstream/pdf)




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v12i2.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.