Pemanfaatan Instagram sebagai Media Dakwah Pesantren Perspektif Perencanaan Komunikasi (Study Pada Lembaga Yayasan Al-Hasany Sumber)

Syaif Uddin Ali (UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia)
Rahmadi Rahmadi (Institut Dirosat Al-Islamiyah Al-Amien Prenduan, Madura, Indonesia)
Karunia Maulidiyah (UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia)
Agoes Moh. Moefad (UIN Sunan Ampel, Surabaya, Indonesia)

Abstract


Keberadaan media sosial memberikan kemampuan untuk memperluas volume informasi untuk menjadikan individu memegang kontrol yang lebih besar, juga mudahnya bertukar komunikasi yang melakukan interaksi lewat media online, media ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu selama pengguna terhubung dengan konneksi internet. Dengan kemudahan media ini, Pengelola Pesantren memiliki inisiatif untuk membuat akun Instagram @alhasanymedia. Metode peneltian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif lapangan, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa perkataan lisan atau urutan kata yang tertulis dari orang-orang yang diamati dan pendekatan ini diarahkan pada latar individu secara holistis (utuh). Dalam penelitian kualitatif, penulis menjadi instrumen kunci (human instrument) yang berfungsi menetapkan fokus penelitian, mencari dan memilih informan sebagai sumber data, mengumpulkan data, menilai kualitas data, analisis data, menafsirkan data dan membuat kesimpulan atas hasil temuan. Adapun hasil penelitian ini bahwa akun Instgaram @alhasanymedia menjadikannya sebagai media yang memberikan kontribusi bagi pesantren sebagai lembaga pendidikan yang meliputi media dakwah, informasi, silaturrahmi, promosi, nostalgia, dan dokumentasi bagi pesantrem dan para alumni PonPes Al-Hasany Sumber, wali santri dan Abituren. 


Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. (2019). Efektifitas Media Sosial Instagram Dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Pada Akun Instagram @islamdakwahcom). UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG.

Asmaniar. (2019). Instagram Sebagai Media Dakwah (ResponFollowerspadaAkun @Felixsiauwdan @Yusufmansurnew) Skripsi. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Cahyono, anang sugeng. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publicianan, 09(01).

Deslima, Yoesina Duli. (2018). “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah.” UIN Lampung.

Deslima, Yosieana Desi. (2018). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Bagi Mahasiswa Komunkasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Fahma, A. (2020). Eksistensi Para “Gus” di Instagram: Visual Semiotik Sebagai Dakwah Baru di Era Digital. Dakwatuna Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 06(02).

Jamal, M. A. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Diva Press.

Kuswandi, I., & Ikhwan Amalih. (2015). Sang Konseptor Pesantren KH Idris Djauhari. Lembaga Ladang Kata.

Meleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.

Munim, M. A. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Pemula. PUSDILAM.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi,Budaya,dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin. (2004). Sistem Komunikasi Indonesia. Raja Press.

Pathia, L. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah (Analisis Multimodal Instagram KH Mustofa Bisri pada Akun @s.kakung). MEDIASI - Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 01(03).

Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 03(01).

Wirosukarto, A. H. (1996). KH.Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Gontor Press.

Anggraini, D. (2019). Efektifitas Media Sosial Instagram Dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Pada Akun Instagram @islamdakwahcom). UNIVERSITAS ISLAM NEGRI RADEN INTAN LAMPUNG.

Asmaniar. (2019). Instagram Sebagai Media Dakwah (ResponFollowerspadaAkun @Felixsiauwdan @Yusufmansurnew) Skripsi. UIN ALAUDDIN MAKASSAR.

Cahyono, anang sugeng. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal Publicianan, 09(01).

Deslima, Yoesina Duli. (2018). “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah.” UIN Lampung.

Deslima, Yosieana Desi. (2018). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah Bagi Mahasiswa Komunkasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Fahma, A. (2020). Eksistensi Para “Gus” di Instagram: Visual Semiotik Sebagai Dakwah Baru di Era Digital. Dakwatuna Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 06(02).

Jamal, M. A. (2011). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Diva Press.

Kuswandi, I., & Ikhwan Amalih. (2015). Sang Konseptor Pesantren KH Idris Djauhari. Lembaga Ladang Kata.

Meleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.

Munim, M. A. (2014). Metodologi Penelitian Untuk Pemula. PUSDILAM.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi,Budaya,dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin. (2004). Sistem Komunikasi Indonesia. Raja Press.

Pathia, L. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Dakwah (Analisis Multimodal Instagram KH Mustofa Bisri pada Akun @s.kakung). MEDIASI - Jurnal Kajian Dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 01(03).

Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 03(01).

Wirosukarto, A. H. (1996). KH.Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern. Gontor Press.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v16i2.4729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.