Daya Tarik Persuasi Komunikasi Dakwah Nabi Muhammad SAW

Nurfitriani M. Siregar (FDIK IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Kegiatan dakwah adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan menimbulkan interaksi. Para da’i berperan besar untuk memahami masa kini yang terjadi dilapangan apa aja masalah gejala sosial, perilaku publik dalam sosio-kulturnya, dan bagaimana agama mempengaruhi perilaku dan perbuatannya. Dakwah merupakan kegiatan komunikasi, dikarenakan para da'i merupakan komunikator yang menyampaikan pesan (message) dalam bentuk ajaran-ajaran agama Islam kepada mad'u yang menjadi komunikan agar mau menerima, memahami dan akhirnya melaksanakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Dakwah Nabi Muhammad SAW secara persuasi, metode yang digunakan melalui deskriptif analitik, sehingga tergambar apa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam melaksankan Dakwah. Adapun temuan penelitian ini adalah  Nabi Muhammad SAW berhasil melaksanakan Dakwah ditandai dengan bukti-bukti begitu banyak masyarakat mengikuti ajaran-ajarannya, bahkan mencintai Rasulullah. Dakwah persuasi yang dilakukan Rasulullah mampu mempengaruhi masyarakat untuk berubah ke arah yang positif dan meninggalkan aktivitas-aktivitas buruk sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


HUDA, Zainol. Dakwah Islam Multikultural (Metode Nabi SAW Kepada Umat Agama Lain). RELIGIA, [S.1], p. 89-112, jun. 2020 Selasa

Muhammad al-Ghazali, Sejarah Perjalanan Hidup Muhammad, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2003),

Akram Dhiyauddin Umari, Masyarakat Madani, Jakarta: Gema Insnai, 1999

Muhammad al-Ghazali, Sejarah Perjalanan Hidup Muhammad, Yogyakarta: MitraPustaka, 2003.

Sakdiah Halimatus, Komunikasi Interpersonal Sebagai Strategi Dakwah Rasullah (Perspektif Psikolog), jurnal ilmu dakwah, vol.15no.30, jun 2020 rabu

Hermawan, hendri dkk Dakwah Nabi Muhammad Terhadap Masyarakat Madinah Perspektif Komunikasi Antar Budaya , volume 11 june 2020 rabu

Anarfanah Sri, Peran Ekonomi Islam Dalam Dakwah Nabi Muhammad SAW, Jurnal ALHADARAH , Vol 14, No 28 Hlm 9, Jun 2020, Kamis

Hayadi Niko, Awza Rusmadi , Komunikasi Persuasif Tim Tasykil Jamaah Tabligh Dalam Menyampaikan Dakwah Dikalangan Warga Muslim, Vol 3, jun 2020




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v14i2.3307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.