Pola Komunikasi Pemangku Jabatan Keraton Kasepuhan dengan Pejabat Pemerintah Kota Cirebon

Fatmawati Fatmawati (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


Cirebon memiliki dua model pemerintahan, Keraton Kasepuhan sebagai pemerintahan kultural dan Pemerintah Kota sebagai pemerintahan struktural.Keberadaan dua pemerintahan tersebut, tentunya sangat rentan akan konflik jika tidak dilakukan upaya pemeliharaan hubungan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi pemangku jabatan Keraton Kasepuhan dengan pejabat Pemkot. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.Teori yang digunakan adalah interaksionisme simbolik yang dicetuskan oleh George Herbert Mead.Penelitian ini juga menggunakan konsep pola komunikasi formal dan informal yang digagas oleh Khomsahrial Romli. Selain itu, digunakan juga konsep pola komunikasi menurut H.A.W.Widjaya dalam bukunya Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Ada empat pola komunikasi, yaitu: pola roda, pola rantai, pola lingkaran dan pola bintang.Hasil dari penelitian ini, yaitu pola komunikasi yang digunakan oleh pemangku jabatan Keraton Kasepuhan dan pejabat Pemkot adalah pola-pola komunikasi yang berorientasi pada kesetaraan komunikator, seperti pola bintang dan pola horizontal. Pola bintang dan pola horizontal memungkinkan setiap komunikator untuk saling bertukar pesan dan respon secara langsung, tanpa memandang status sosial ataupun hal-hal yang dapat membedakan hak-hak komunikator dalam berbicara.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Arif, Ilmu Komunikasi (Sebagai Pengantar Ringkas), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1995.

Audi, Robert, Epistemology: A Contemporary Introduction to the Theory of Knowledge, London: Routledge, 2011.

Elbadiyansyah, dan Umiarso, Interaksionisme Simbolik dari Era Klasik hinggaModern, Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Mufid, Muhammad,Etika dan Filsafat Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2009.

Mulyana, Deddy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

Rosidin, Didin Nurul,Kerajaan Cirebon, Jakarta: Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementrian Agama RI, 2013.

Tjandrasasmita, Uka, Arkeologi Islam Nusantara, Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2009.

W.M., Abdul Hadi,Indonesia Dalam Arus Sejarah (Kedatangan dan PeradabanIslam), Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve, 2012.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v14i2.2662

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.