PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP EKONOMI

Indri Tri Asti (FDK UIN Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Abstrak: Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Massa Terhadap Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media massa terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hal positif dari pengaruh media massa terhadap ekonomi adalah semakin cepatnya proses pertukaran barang dan jasa, terjadinya industri dimana-mana, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kemajuan iptek dapat meningkatkan kemampuan produktifitas dalam skala besar. Sedangkan pengaruh negatifnya ialah terjadinya persaingan antar industri yang tidak sehat, industri yang punya modal besar akan mampu berkembang dan mematikan industri-industri kecil, perkembangan perdagangan luar negeri yang lebih bebas.

Kata Kunci: Pengaruh Media Massa, Ekonomi


Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Group, 2008.

Hermanto, Zarida . Perkembangan Media Komunikasi Di Era Globalisasi. Dalam Sofyan Syafri Harahap (Ed), Globalisasi Krisis Ekonomi & Kebangkitan Ekonomi Kerakyatan. Jakarta: Pustaka Quantum, 2002.

L. Rivers, William. Media Massa & Masyarakat Modern. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Monle Lee & Carla Johnson. Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam Perspektif Global Jakarta: Prenada Media, 2004.

Nuruddin. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007.

Vivian, John. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

http://amirdapir.blogspot.com/2012/07/pengaruh-media-massa-terhadap-kehidupan.html. Diakses pada tanggal 31 Oktober 2014.

http://id.techinasia.com/tingkah-laku-pengguna-internet-indonesia/ Diakses pada tanggal 3 November 2014.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v13i1.1339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indri Tri Asti


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.