STRATEGI BERSAING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PT. BANK SUMUT CABANG SYARIAH PADANGSIDIMPUAN

BUDI GAUTAMA SIREGAR

Abstract


The research problem is how the Bank  Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan create clean strategy in increasing the number of customers. while the goal is to figure out the strategy and the efforts made by the Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan in increasing the number of customers. This study was descriptive qualitative research subjects is a common part of employees, bank customers Sharia Branch Padangsidimpuan North Sumatra. While data collection techniques are interviews, observation and documentation. The results of this study showed that the strategy of the Bank of North Sumatra Sharia Branch Padangsidimpuan in creating a competitive advantage in an effort to increase the number of customers is to adopt a strategy of focus, such as with the results of the financing which is cheaper than the banks of other Islamic or conventional banks, implementing network systems online so ease of service to customers and provide operational vehicles through mobile branch that services performed by meet the customers directly

Keywords


Competitive Strategy, Customer Number, Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan

Full Text:

PDF

References


ustinus Sri Wahyudi, 1996, Manajemen Strategik Pengantar Proses Berpikir Strategik, Binarupa Aksara, Jakarta

Abdurrahmat Fathoni, Metodologi Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Jakarta, Rineka Cipta, 2011

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial: Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press, 2001

Crown Dirgantoro, Manajemen Strategis, Jakarta: PT. Grasindo, 2001

David Hunger & Thomas Wheelen, Manajemen Strategis (Yogyakarta: Penerbit Andi, 2003

Deddy Mulyana, Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004

David, Fred R. (2004), Konsep Manajemen Strategis , PT. Indeks, Jakarta

Enni Khusiyawati, Strategi Pemasaran BMT Mitra Usaha Tani, (STIS Yogyakarta: Skripsi tidak dipublikasikan, 2001

Erma Khanifa, Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Membeli Kartu Pra Bayar Indosat oleh Mahasiswa IAIN Walisongo Semarang, Skripsi tidak dipublikasikan, Semarang: IAIN Walisongo, 2011

Hariwijaya dan Bisri Djaelani, Teknik Menulis Skripsi dan Thesis, Yogyakarta: Zenith Publisher, 2004

Husein Umar, Strategik Manajemen In Action, (Jakarta: PT. Gramedia Pustakatama, 2003)

http:www.ekonomisyariah.org akses pada hari kamis, 17 September 2015

Hasil wawancara dengan Ibu Maysaroh sebagai nasalah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, Jum’at, 26 September 2015 pukul 09.10 Wib

Hasil Wawancara dengan Ibu Fitri sebagai nasabah Bank Syariah Mandiri pada hari senin, 28 September 2015

Http://www.iaipusat.Net/akses pada Senin 28 Desember 2015

Http://www.bi.go.id/akses pada Senin 28 Desember 2015

http://www.banksumut.com/visi.php, diakses tanggal 15 Agustus 2016, pukul 10.00 Wib

Hasil Wawancara dengan Bapak Umar selaku Nasabah Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, 15 Oktober 2015

Jauch Lawrence R. & Glueck William F., (1989) , ‘Manajemen Dan Strategis Kebijakan Perusahaan’, Jakarta : Erlangga.

Kuat Ismanto, Manajemen Syariah Implementasi TQM dalam Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009

Kasmis, Kewirausahaan, Jakarta : PT. Grafindo, 2006

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung: Mandar Maju, 1996

Komaruddin, Kamus Perbankan, Jakarta: CV. Rajawali, 1994

Mamduh M. Hanafi, Manajemen, Yogyakarta: Unit Penerbit, 2003

Makhalul Ilmi, Teori dan Praktek Lembaga Mikro Keuangan Syariah, Yogyakarta: UII Press, 2002

Michael Porter, Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industry dan Pesaing, Jakarta;Erlangga, 2001

Nila Purbayanti Zamro,”Promosi dan Diferensiasi terhadap minat nasabah untuk berinvestasi di Bank Umum Syariah (Bank Syariah Mandiri), Skirpsi Ekonomi Islam IAIN Walisongo, Semarang, 2009

O.P. Simorangkir, Etika Binis, Jabatan dan Perbankan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003

Pearce dan Robinson, Manajemen Strategik: Formulasi, Implementasi dan Pengendalian (Jakarta: Binarupa Aksara, 1997)

Rohmat Saleh, ”Pengaruh Bauran Promosi dan Nilai Pelanggan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung diPT. Bank Syari’ah Mandiri”, Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negri, Kudus, Perpustakaan STAIN Kudus, 2002

Suaryana, Kewirausahaan, Jakarta: PT. Salemba Emban Patria, 2001

Sumarni Murti, Manajemen Pemasaran Bank Edisi Kelima Revisi, Yogyakarta: lIberty, 2002

Saladin, Djasli, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran Bank, Jakarta: CV Rajawali, 1994

Soekartawi, Manajemen Pemasaran Dalam Modern, Bandung: PT.Midas Suryo Grapindo, 1993

Suharsimi Ariuuknto, Prosedur Penelitian Suatu Pengantar, Jakarta: Bina Aksara, 1989

-----------------, Metode Penelitian; Suatu Pendekatan dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1991

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2009

Tripono dan Udan, Manajemen Strategis, Bandung: Rekayasa Sains, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i1.629

Copyright (c) 2017 FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE:
All rights reserved © FITRAH JURNAL KAJIAN ILMU-ILMU KEISLAMAN.
Published by Institute for Research and Community Services;State Institute for Islamic Studies Padangsidimpuan.
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang 22733 Padangsidimpuan, North Sumatera, Indonesian.
Phone: (+62) 634  22080  Faximili: (+62) 634 24022 e-mail: lp2miain.padangsidimpuan@gmail.com


Free counters!