The Improvement of Discipline and Professional Fiqh Teachers by Supervisors in Islamic Junior High School
Keywords : Teachers’ Discipline, Supervision, and Professionalism
Departemen Agama RI. (2005). Kurikulum Madrasah Tsanawiyah. Direktorat Madrasah dan Pesantren Kemenag RI.
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud RI. (2017). Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Miles, M. B., Huberman, A. M., Rohidi, T. R., & Mulyarto. (1992). Qualitative Data Analysis (About New Methods). UI Press.
Moleong, L. J. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
Niamah, K. (2021). Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 1(1), 59–71. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/3934
Nur, M., Sabaruddin, & Fadli, M. (2021). Development of Student’s Satisfaction Instruments on The Thematic Community Service Lectures Management Using Rasch Model Analysis. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 7(02), 283–292. http://103.20.188.221/index.php/tarbawi/article/view/4988
Pristiwaluyo, T., & Hakim, F. A. (2019). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ad’ministrare, 5(2), 63. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7883
Putra, A. A. (2016). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1). https://journal.uir.ac.id/index.php/althariqah/article/view/617
Rohmadi, M. (2012). Menjadi Guru Profesional Berbasis Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Yuma Pustaka.
Salim, A. (2016). Integrasi Nilai –Nilai Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 111–133. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(2).111-133
Salmiati, S., & Septiawansyah, R. (2019). Peranan Administrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada MTs DDI Cilellang Kabupaten Barru. Al-Musannif, 1(1), 47–64. https://doi.org/10.56324/al-musannif.v1i1.18
Samana. (1994). Profesionalisme Keguruan. Jogjakarta, Konisius.
Satori, D. (2008). Profesi Keguruan Dalam mengembangkan Siswa (5th ed.). Universitas terbuka.
Syathori, A. (2017). Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (Implementasi, Analisis dan Pengembangannya). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), Article 1. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2024
Tilaar, H. A. R. (1999). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan dalam Perspektif Abad 21. Tera Indonesia.
Tu’u, T. (2014). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Grasindo.
Wahyuni, A. (2020). Pernikahan Dini menurut Perspektif Madzhab Imam Syafi’i. Jurnal Imtiyaz, 4(1), 64. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v4i1.65


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.