APLIKASI MURABAHAH DALAM PERBANKAN SYARIAH

AMINAH LUBIS* -  Mahasiswa Pasca Sarjana UIN Sumatera Utara Jurusan Ekonomi Syariah, Indonesia
Salah satu skim fikih yang populer diterapkan dalam perbankan syariah adalah skim jual beli Murabahah. Murabahah dalam perbankan syariah didefinisikan sebagai pembiayaan yang berbentuk jual beli antara bank dan nasabah dengan cara pembayaran angsuran. Dalam perbankan syariah, ada dua bentuk murabahah yang umumnya dipraktekkan, yakni murabahah modal kerja dan murabahah investasi. Namun, Setiap perbankan Islam mempunyai bentuk jual beli murabahah yang beraneka ragam baik itu murabahah internal, dimana pihak bank membeli barang dan komoditinya dari pasar dalam negri ataupun murabahah eksternal, dimana pihak bank membeli barang dan komoditinya dari luar negri (Import). Praktek murabahah ini sampai kepada delapan bentuk yang mana setiap bank memiliki bentuk yang berbeda dengan bank lain. Penerapan sistem murabahah pada bank-bank Islam pasti memberikan dampak positif  kepada semua pihak yang terkait, baik pihak bank begitu juga dengan pihak nasabah. Akan tetapi dalam praktek operasionalnya sering terjadi beberapa penyimpangan yang biasanya dilakukan oleh oknum pegawai pada beberapa Bank Islam.

Keywords : Aplikasi, Murabahah, Perbankang, Syariah

  1. Al-Misri, Rafi Yunus, Al-Jami’ fi Ushul ar-Riba, ( Damaskus: Dar al-Qalam, 1991)
  2. Al-Misri, Rafi Yunus, Al-Majmu’ fi al-Iqtishad al-Islamiy, (Syuria: Daru al-Maktabi , 2006)
  3. Al-Qardhawi, DR.Yusuf, , Bai’ al-Murabahah li al-Aamir bi asy-Syira’ Kama Tajriyah al-Masharif al-Islamiyah, t.tp: (Kuwait: Maktabah Daru al-Qalam, 1415 H/1994 M.)
  4. Al-Shawy, Muhammad Shalah. Musykilat al-Istitsmar fi al-Bunuk al-Islamiyah wa Kaifa ‘Alajaha al-Islam. (Al-Mansurouh: Daru al-wafa’, 1990)
  5. Anita Rahmawaty, Ekonomi syariah; T injauan kritis Produk Murabahah dalam perbankan syariah di Indonesia, Jurnal Ekonomi Islam La-Raiba. Desember 2007
  6. Bait attamwiel al-kuwaity, al-Fatawa al-Syar’iyah fi al-Masa’il al-Iqtishadiyah .(2/25), (Kuwait: 1987)
  7. ---------------------------------, Buyu’ Al-amanah fi Mizan al-Syariah, (kuwait: 1983)
  8. Bank Dubai al-Islami. Fatawa Syaiyah fi al-A’amal al-Mashrhafiyah, (Dubai: 1985)
  9. Hamud, Samy, Tathwir al-A’mal al-Mashrhafiah bima Yattafiku wa al-Syariah al-Islamiyah, (Kairo: Darul al-attihad al-arabi, 1976)
  10. Hasanin, Fayad Addul Mun’im,. Mausu’ah al-Iqtishad al-Islami “Bay’ al-murabahah fi al-mashraf al-islamiyah”. jilid, 3 (Kairo: Darussalam, 2009)
  11. Hendry, Arison, Perbankan Syariah: Perspektif Praktisi, (Jakarta: Muamalat Institute, 1999)
  12. Mannan, Muhammad Abdul, (terj), M, Nastangin, Teori dan Praktek Ekonomi Islam, (Yogyakarta: Dana Bakti Wakaf, 1995)
  13. Muhammad. Teknik Perhitungan Bagi hasil dan Profit Margin Pada Bank Syariah. ( Yogyakarta: UII press, 2004)
  14. Perwaatmadja, ,Drs. H. Karnaen, MPA. Antonio, H. Muhammad Syafi’I, M.Ec.. Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1992)
  15. Robbiyanto “Sektor Syariah Rahmat Bagi Sektor Usaha”. Makalah dalam Seminar Nasional dan Launching Jurnal Lebi 2007, Yogyakarta, 17 Desember 2007
  16. Saeed, Abdullah, Islamic Banking and Interest, A Study of Prohibition of Riba and its Contemporary Interpretation, (Leiden : E.J. Brill, 1996).
  17. Shalahuddin, Ceccep, M.A¸ Produk Investasi Bank Islam Teori dan Praktek “Murabahah (jual beli dengan menentukan keuntukan dimuka”. (Kairo: PAKEIS ICMI Orsat Kairo, 2005)
  18. Sjahdeini, Sutan Remy.. Perbankan dan Kedudukannya dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia, (Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1999)
  19. Tazkia Institute, Murabahah, Makalah disampaikan pada Program Pendidikan dan Pengembangan SDM Bank Mu'amalah. 14 Mei 1999
  20. Zulfikar Nazara. “Perkembangan Bank Syariah”. Makalah dalam Seminar Nasional dan Launching Jurnal Lebi 2007, Yogyakarta, 17 Desember 2007

Open Access Copyright (c) 2017 AMINAH LUBIS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Kota Padang Sidempuan
Phone: 0634-22080
Website: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/
Email: fitrah@iain-padangsidimpuan.ac.id